Jelang Kongres, Amien Rais Ajak Kader PAN Tinggalkan Mental Dhuafa

Foto: Ant

Surabaya, Sayangi.com – Mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengajak seluruh kader PAN agar menanggalkan mental dhuafa yang dapat merusak tradisi partai.

“Saya juga ingin semua kader PAN meninggalkan mental dhuafa. Jangan sampai hanya karena sesuatu kemudian beralih dukungan dan merubah tradisi yang sudah berjalan dengan baik,” tegas Amien di sela-sela Silaturahim dan Dialog Perumusan Makna dan Optimalisasi Kongres IV PAN untuk Reunifikasi, Revitalisasi dan Regenerasi di Surabaya, Jatim, Senin.

Selain itu, mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) tersebut, juga mengharapkan tradisi partai terkait ketua umum cukup satu periode serta regenerasi berjalan dengan baik. Karenanya, Amien mengusulkan nama Hatta Rajasa menggantikan dirinya sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP).

“Harapannya seperti itu dan semua demi kepentingan bersama,” ujarnya, seperti dikutip Antara.

Pertimbangan lainnya, kata dia, banyak masukan kalau PAN akan dihancurkan seperti yang sudah terjadi pada PPP dan Partai Golkar hingga dualisme kepemimpinan.

Sementara itu, salah seorang calon ketua umum DPP PAN Zulkifki Hasan mengaku meski dukungan terus mengalir, namun ia menyerahkannya kepada pemilik suara kongres mendatang.

“Saya juga tidak punya tim khusus dan datang ke sini, karena diundang teman-teman Jatim dan kebetulan dari provinsi lain ikut hadir,” ujarnya.

Terkait visi dan misinya, mantan menteri kehutanan itu mengutamakan politik kebangsaan dalam menahkodai partai selama lima tahun ke depan.

Alasannya, lanjut dia, politik jangka pendek yang hanya ingin merebut kekuasaan, baik di legislatif maupun eksekutif justru semakin menjauhkan pada cita-cita kebangsaan.

“Karena itu orientasi ke depan adalah kepentingan rakyat dan musuh utama yang harus diperangi adalah masalah kemiskinan, kebodohan maupun keterbelakangan masyarakat,” ucapnya.

Kongres IV PAN dijadwalkan digelar di Bali, 28 Februari-2 Maret 2015, dengan dua kandidat yang saat ini muncul, yakni calon petahana Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. (An)