Satu Persen Penduduk Kuasai Setengah Kekayaan Dunia

Foto: Mashable.Com

Jakarta, Sayangi.Com– Oxfam International, LSM yang berkantor pusat di Oxford, Inggris, kembali merilis pernyataan tentang kesenjangan yang semakin lebar antara orang kaya dan miskin di dunia. Jika kecenderungan saat ini terus berlanjut, 1% penduduk dunia akan memiliki lebih dari 50% kekayaan dunia di tahun 2016.

“Skala kesenjangan global sangat mencengangkan, meski ada banyak isu lain yang masuk ke agenda global, kesenjangan antara orang kaya dan tidak kaya semakin lebar,” kata Direktur Eksekutif OXfam Internasional, Winnie Byanyima, dalam pernyataan yang dirilis pada Senin (19/1), menjelang Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Menurut kelompok yang fokus terhadap isu pemberantasan kemiskinan dan riset kebijakan itu, pada 2014 lalu, aset yang dimiliki satu persen orang terkaya itu sudah 48% atau meningkat dibandingkan tahun 2009 yang mencapai 44% dari total kekayaan dunia.

Winnie Byanyima mengingatkan bahwa”ledakan kesenjangan” akan memperlambat upaya melawan kemiskinan global. Ia juga mempertanyakan, apakah masyarakat dunia benar-benar ingin tinggal di dunia dimana satu persen penduduk menguasai kekayaan yang ada.

Jumlah Miliarder Meningkat

Pada November tahun 2014 lalu, Oxfam juga merilis laporan yang menyatakan jumlah miliarder di dunia meningkat dua kali lipat sejak krisis keuangan terjadi.

Oxfam mencatat, pada bulan Maret 2009 jumlah miliarder (dalam US Dollar) berjumlah 793 orang. Terhitung pada Maret 2014, jumlahnya bertambah menjadi 1.645 orang.

Dalam kurun waktu antara Maret 2013 hingga Maret 2014 saja, menurut Oxfam, ada 85 orang terkaya di bumi ini yang kekayaannya secara kolektif bertambah 668 juta Dolar AS setiap hari. Padahal, ada 358 juta orang di dunia yang hidup dalam tingkat kemiskinan ekstrim.

Pendiri Microsoft, Bill Gates, yang tahun 2014 lalu dinobatkan sebagai orang terkaya nomor satu dunia versi Majalah Forbes, dengan kekayaan mencapai 80,5 miliar Dolar AS (sekitar Rp1.000 Triliun), butuh waktu selama 220 tahun lebih untuk menghabiskan seluruh kekayaannya dengan asumsi pengeluarannya sehari 1 juta Dolar AS.

Coba saja hitung dengan bantuan kalkulator. Kekayaan Gates adalah 80,5 miliar dolar AS atau 80.500 juta dolar AS. Jika ia belanja setiap hari 1 juta dolar AS (setara Rp12,5 miliar), dalam setahun ia menghabiskan 365 juta dolar AS. Selanjutnya kekayaan Gates sebesar 80.500 juta dolar AS dibagi 365 juta dolar AS, maka diperoleh hasil pembagian sebesar 220,55 tahun.

Namun Oxfam memuji Gates untuk proyek-proyek filantropis yang dijalankannya. “Keputusan Bill Gates dan Warren Buffet untuk menyumbangkan kekayaan mereka adalah contoh untuk para miliarder di dunia,” kata Oxfam.