Amien Rais Yakin Kongres PAN Tidak Akan Retak

Foto: Sayangi.com/Emil

Pekanbaru, Sayangi.com – Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Amien Rais meyakini bahwa suasana Kongres Nasional 28 Februari di Bali nanti tidak akan retak meskipun persaingan antara calon Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan kian memanas.

“Saya menduga, mengharapkan, dan berprasangka baik PAN tidak akan retak dan Insya Allah bisa dinikmati kongres yang sejuk,” katanya di Pekanbaru, Selasa.

Ia tidak mungkiri adanya seruan saling mengunggulkan satu sama lain, namun hal itu dinilainya wajar. Hanya saja, dia meminta agar jangan sampai ada distorsi.

“Kampanyelah dengan nuansa kekeluargaan,” imbuhnya.

Hal itu dikatakannya dalam kegiatan silaturahmi bersama kader PAN Riau di Hotel Arya Duta, Pekanbaru. Namun dalam pertemuan tertutup itu, diketahui Ketua dan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Riau sendiri tidak hadir.

Amien menanggapi tidak hadirnya orang yang merupakan pemilik suara untuk kongres menganggapnya tidak masalah. Menurut dia itu adalah hak setiap orang di negara demokrasi ini.

“Tidak masalah, ini negara demokrasi,” sebutnya dalam sesi konferensi pers usai silaturahmi itu.

Meskipun yakin kongres akan berjalan sejuk, Amien sendiri dalam silaturahmi itu malah menyatakan dukungannya terhadap Zulkifli Hasan. Menurutnya, nama itu dinilai layak jadi Ketua Umum PAN karena merupakan cerminan dari regenerasi.

“Alasannya inti dari Kongres Bali adalah regenerasi, peremajaan bukan penuaan. Saya ini pro perubahan,” ucapnya.

Sementara itu, sebagai tuan rumah Ketua MPP DPW PAN Provinsi Riau, Djuharman Arifin mengatakan, pihaknya dalam acara itu mengundang seluruh Pengurus MPP DPP dan Pengurus Harian DPW PAN Riau, sejumlah pengurus MPP DPD dan Pengurus Harian DPD, anggota DPRD Provinsi Riau dan DPRD kabupaten/kota, pimpinan Ortom PAN, inisiator dan pendiri PAN Riau, serta kader PAN lainnya.

“Ini betul-betul forum silaturrahim keluarga besar PAN Riau dengan tokoh reformasi dan pendiri PAN Saudaraku Amien Rais,” ujarnya. (Ant)