PT KCJ Kembangkan Sistem E-Ticketing dengan Gelang dan Smartphone

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – PT KAI Commuter Jabodetabetk (KJC) menggandeng salah satu perusahaan Jepang Sony FeliCa untuk mengembangkan sistem tiket elektronik. Melalui kerjasama tersebut, perangkat e-ticketing KRL Jabodetabek dapat menerima semua jenis tipe chip elektronik.

Dengan teknologi contactless yang dimiliki Sony FeliCa, kini kemampuan e-ticketing KJC yang hanya dapat membaca jenis kartu dengan tipe A dan B dapat juga membaca jenis chip tipe F.

Dengan begitu kini e-ticketing dapat diintegrasikan dengan telepon selular maupun dalam bentuk gelang khusus yang akan diproduksi.

“Kemampuan menerima seluruh tipe chip ini ke depannya akan memudahkan integrasi antarmoda karena apapun jenis kartu tiket elektronik yang nantinya dikembangkan operator transportasi atau institusi lain akan mampu dibaca oleh perangkat kami. Sistem ini serupa dengan Hong Kong MRT dalam hal kemampuan mengakomodir berbagai platform,” ujar Direktur Utama PT KJC Tri Handoyo di Stasiun Juanda, Jakarta, Selasa (3/2).

Tri menjelaskan, nantinya sistem tersebut akan dapat diterapkan pada sistem mobile NFC e-Wallet yang ada di perangkat smartphone. Sistem itulah yang nantinya digunakan sebagai alat pembayaran pengganti uang.

Selain menggunakan smartphone, Tri juga menjajal e-ticketing yang menggunakan gelang. PT KCJ memang sudah bekerja sama dengan perusahaan Jepang Sony FeliCa untuk lebih mengembangkan sistem tiket elektronik.

Di kesempatan yang sama Kazuyuki Sakamoto Senior General Manager Felica Bussiness Devision menjelaskan sony felica yakin teknologinya akan semakin mendorong kemajuan e- ticketing KRL Jabodetabek .

“Teknologi Felica benar-benar aman. Performa teknologi kami juga sangat baik terutama dengan kecepatan tinggi untuk memproses transaksi,” jelasnya.

Sakamoto mengaku sangat senang bisa bekerja sama dengan PT KCJ sebagai salah satu operator transportasi publik terbaik di Indonesia. “Kami yakin dapat memberikan kontribusi positif bagi KCJ dalam meningkatkan pelayanan dan operasinya,” lanjut Sakamoto

Pengembangan teknologi pada perangkat e- ticketing menjadi sangat penting bagi PT KCJ khususnya untuk mendukung target dalam melayani 1,2 juta penumpabg per hari pada tahun 2019. Sementara setiap harinya PT KCJ mengoeprasikan 757 perjalanan KRL. Pada saat ini KRL Jabodetabek memiliki jumlah transaksi e-tiketing untuk jasa transportasi di Indonesia.

Displaying e-tiketing-baru-emil(30).jpg