Saat Dievakuasi, Pilot TransAsia Masih Memegang Joystick Kokpit

Foto: reuters

Taipei, Sayangi.com – Pesawat TransAsia yang jatuh di sebuah sungai di Taipei memiliki pilot yang dinilai mempunyai dedikasi dalam profesinya.

Pasalnya, jasad pilot bernama Liao Chien-tsung masih berada dalam keadaan tengah memegang joystick di kokpit pesawat. itu berusia 42 tahun yang diketahui bernama Liao Chien-tsung itu masih berada dalam keadaan tengah memegang joystick di kokpit pesawat.

Sang pilot berusia 42 tahun itu sempat mengarahkan pesawat untuk melitas dengan cara memiringkan badan pesawat agar tidak menabrak apartemen dan bangunan komersial lainnya di tengah keaadan darurat. Kendati demikian, pesawat itu masih belum juga berhasil diselamatkan karena akhirnya menabrak jembatan dan terhempas ke sungai.

Sang pilot dinilai telah berhasil mencegah jatuhnya lebih banyak korban jiwa dengan membawa pesawat menghindar agar tak menabrak bangunan lain.

“Mereka masih mencoba menyelamatkan pesawat hingga detik-detik terakhir,” kata media Taiwan merujuk pada pernyataan seorang investigator seperti dimuat Reuters, Jumat (6/2).

Jika saja sang pilot tidak melakukan hal itu, tidak menutup kemungkinan jumlah korban jiwa bisa saja lebih banyak.

Pesawat naas bernomor penerbangan GE235 itu diketahui mengangkut 58 orang yang terdiri dari penumpang dan awak. Sejauh ini ada 31 orang yang diidentifikasi tewas, 12 orang lainnya masih hilang dan 15 lainnya selamat.