Jokowi: Hubungan RI-Brunei Paling Stabil

Foto: Ant

Bandar Seri Begawan, Sayangi.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai hubungan bilateral Indonesia dengan Brunei Darussalam merupakan hubungan yang paling stabil dibanding dengan negara lain.

“Sampai saat ini hubungan bilateral paling stabil dengan Brunei,” kata Presiden Jokowi usai melakukan kunjungan ke The Royal Regalia Building Bandar Seri Begawan, Sabtu.

Presiden Jokowi menyebutkan selama ini tidak ada masalah dalam hubungan kedua negara. “Kemudian tenaga kerja kita terlindungi dengan baik, tadi tidak banyak hal yang bermasalah termasuk dengan WNI kita di sini, jadi dapat dikatakan hubungannya stabil, gak ada isu-isu krusial,” katanya.

Menurut Jokowi, dalam pertemuan yang berlangsung di Istana Nurul Iman Bandar Seri Begawan, Sultan Hasanal Bolkiah meminta agar hubungan kedua negara dipererat lagi.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan pada Sabtu ini Pemerintah Indonesia dan Brunei melakukan pertemuan bilateral.

“Hasil pertemuan antara lain kedua negara sepakat meningkatkan hubungan kerja sama bidang ketenagakerjaan dan people to people contact,” katanya.

Menlu menyebutkan kurang lebih satu per enam dari total penduduk Brunei merupakan TKI termasuk profesional seperti dokter dan pramugari.

Menurut Menlu dalam pertemuan itu, Sultan Bolkiah menyampaikan apresiasi atas peran TKI terhadap perekonomian Brunei.

Sumber: Antara