Ahok: Rekayasa Cuaca Belum Perlu Dilakukan

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan saat ini rekayasa cuaca belum perlu dilakukan karena Jakarta masuk belum status siaga darurat banjir.

“Rekayasa cuaca belum diperlukan sekarang. Kalau status siaga darurat banjir di Jakarta sudah ditetapkan, baru rekayasa itu kita lakukan,” kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut pria yang lebih sering disapa Ahok itu, tanpa dilakukannya rekayasa cuaca, banjir yang merendam beberapa wilayah Jakarta pun kini lebih cepat surut dan teratasi.

Hal tersebut, sambung dia, dapat dilihat dari banjir yang sempat melanda Istana Kepresidenan dan sejumlah jalan protokol pada Senin (9/2).

“Banjir itu pun terjadi karena sejumlah pompa di Waduk Pluit tidak dapat beroperasi karena pemadaman listrik. Kalau tidak ada pemadaman, maka kawasan pusat kota pasti tidak akan terjadi,” ujar Ahok.

Meski demikian, Ahok tetap mengimbau seluruh warga yang rumahnya mulai terendam banjir agar segera mengungsikan diri ke posko-posko pengungsian.

“Untuk warga yang rumahnya sudah mulai kebanjiran, saya minta supaya segera pindah ke tempat pengungsian, jangan memaksakan diri bertahan di rumah masing-masing. Kita tidak bisa antarkan logistik ke rumah,” ujarnya.