Perusahaan Papua Bantu Hipmi Jaya Bina UKM di Jakarta

Jakarta, Sayangi.com – Perusahaan asal Papua, Rifa Capital, telah menyatakan kesiapannya untuk membantu program unggulan BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jaya Raya (HIPMI Jaya) dalam pengembangan UKM di DKI Jakarta. Hal itu dipastikan setelah keduanya menandatangani perjanjian kerja sama di Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan manajemen itu akan memberikan bantuan berupa pendanaan lunak kepada BPD HIPMI Jaya sebesar Rp 350 juta. Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk menjalankan program unggulan BPD HIPMI Jaya seperti business incubator dan pembinaan UKM. Ini merupakan bentuk dukungan Rifa Capital terhadap pembinaan program UKM yang dilakukan BPD HIPMI Jaya.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan teman-teman yang ada di Jakarta dan bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada pengusaha-pengusaha di ibukota khususnya sektor UKM,” ucap CEO Rifa Capital, Bahlil Lahadalia, dalam rilis yang diterima wartawan, Selasa (10/2/2015).

“Kita harus menumbuhkan semangat pengusaha muda dalam berbisnis. Sektor UKM harus didukung karena kontribusi UKM bagi perekonomian nasional cukup besar.”

Bahlil seperti diketahui juga merupakan anggota HIPMI dari Papua. Pria berusia 37 tahun itu pernah menjabat sebagai Ketua BPD HIPMI Papua dan kini menjadi calon kuat Ketua Umum BPP HIPMI. Bahlil sukses mendirikan Rifa Capital setelah memulai usahanya dari nol dengan berjualan kue keliling.

Dengan adanya kerja sama ini, BPD HIPMI Jaya memang diharapkan akan semakin mudah menjalankan program unggulan business incubator di Jakarta. Sebagai business incubator, BPD HIPMI Jaya berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kinerja bisnis para anggota yang dapat memberikan implikasi positif terhadap perkembangan perekonomian secara nasional.

Langkah ini akan dilaksanakan dengan memberikan akses informasi peluang dan akses permodalan. Di sinilah, Rifa Capital berperan untuk membantu dari sisi permodalan. “Saat ini banyak pengusaha muda yang belum berani berbisnis karena tidak punya modal. Apalagi melihat masih tingginya suku bunga pinjaman untuk pelaku UKM,” Bahlil menambahkan.

Ketua BPD HIPMI Jaya, Iskandar Rama Datau, juga mengaku senang dengan kerja sama ini. Dukungan Rifa Capital sangat membantu BPD HIPMI Jaya sebagai inkubator usaha guna meningkatkan semangat pengusaha muda Indonesia. Tiap tahunnya, pertumbuhan anggota baru HIPMI Jaya tumbuh 10%-15%. Sekitar 70% di antaranya bergerak di usaha kecil dan menengah.

“Mungkin ini sesuatu yang jarang terjadi, kami yang tinggal di ibukota mendapat bantuan dari daerah seperti Jayapura. Anggap saja ini oleh-oleh dari Papua,” ujar Ketua BPD HIPMI Jaya, Iskandar Rama Datau, sambil tertawa. “Dukungan Rifa Capital tentunya sangat membantu kami dalam menjalan program pembinaan. Ini merupakan bukti bahwa di HIPMI sangat erat kekerabatannya.”