Hassan Rouhani: Kaum Zionis adalah Penjahat Sesungguhnya

Foto: aljazeera.com

Teheran, Sayangi.com – Jutaan rakyat Iran di seluruh penjuru negara ini menggelar pawai akbar, Rabu (11/2). Pawai ini digelar dalam rangka peringatan puncak HUT ke-36 kemenangan revolusi Islam Iran yang berujung pada tergulingnya rezim dinasti Pahlevi yang didukung Amerika Serikat, pada tahun 1979.

Menurut laporan Press TV, dengan mengikuti pawai yang terjadi di Teheran dan berbagai kota dan daerah Iran lainnya ini rakyat Iran kembali menunjukkan dukungan dan loyalitas mereka kepada cita-cita pendiri Republik Islam Iran, Ayatollah Ruhulllah Khomeini.

Laporan lain dari situs berita Alalam menyebutkan bahwa Presiden Iran Hassan Rouhani dalam pidatonya di hadapan para peserta pawai di ibu kota Iran, Teheran, menegaskan bahwa kemerdekaan adalah slogan terbesar bagi bangsa Iran.

“Kita meraih kemerdekaan bukan dengan mudah sehingga kita dapat melepasnya dengan mudah pula,” tegasnya.

Dia menambahkan bahwa revolusi Islam adalah untuk seluruh bangsa Iran yang bersatu dan berhasil mencetak kemenangan dan prestasi di berbagai bidang.

“Atas dasar ini, kita juga telah membela kemerdekaan kita melalui negosiasi nuklir,” lanjutnya.

Dia juga menegaskan bahwa kaum Zionis Israel dan musuh-musuh bangsa Iran lainnya tak berhenti mengerahkan segenap daya dan upaya mereka untuk merongrong bangsa Iran.

“Kaum Zionis adalah para penjahat sesungguhnya di kawasan kita,”tandasnya.

Presiden Rouhani lantas menyebutkan bahwa revolusi Islam Iran datang untuk mengubah pikiran-pikiran yang tidak sejalan dengan kemerdekaan dan kebebasan bangsa-bangsa, dan pemerintah Iran sampai sekarang terus berjuang untuk merealisasikan semua yang dijanjikannya di berbagai bidang.