Lanjutan Sidang Praperadilan BG, KPK Hanya Hadirkan Satu Saksi

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Sidang praperadilan Komjen Polisi Budi Gunawan yang memberikan waktu pada pihak termohon, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk menghadirkan saksi telah digelar.

Pihak KPK yang rencananya akan mengajukan tiga saksi ternyata belum bisa menghadirkan semuanya karena berhalangan hadir. Akhirnya KPK hanya mengajukan satu saksi.

“Izin yang mulia, kami sebenarnya mengajukan tiga saksi, tapi karena berhalangan hadir, akan dilanjutkan besok,” ujar Kuasa Hukum KPK Chatarina M Girsang dalam sidang, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel), Jakarta, Kamis (11/2).

Saksi yang dihadirkan pihak termohon merupakan saksi fakta berasal dari penyelidik KPK yakni Iguh Sipurba. Saksi aktif sebagai penyelidik KPK sejak tahun 2005.

“Kami rasa satu saksi (hari ini) sudah cukup menguatkan dalil bahwa prosedur atau tata cara penetapan tersangka sudah sesuai hukum,” ujar salah seorang Kuasa Hukum KPK, Rasamala Aritonang, kepada wartawan usai sidang.

Total saksi fakta yang dihadirkan KPK sebanyak tiga orang. Dua saksi lainnya akan dihadirkan dalam sidang lanjutan besok. Hakim tunggal Sarpin Rizaldi memang memberikan waktu dua hari untuk setiap tim kuasa hukum menghadirkan saksi atau saksi ahli.

Sebagaimana diketahui, dua hari kemarin, tim pemohon sudah menghadirkan empat saksi. Mereka adalah Pakar Hukum Pidana Prof Romli Atmasasmita, Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis, Pakar Hukum Administrasi Negara I Gede Panca Astawa dan Pakar Hukum Pidana Chaerul Huda.

Keempatnya sama-sama memperkuat dalilnya bahwa penetapan tersangka seseorang harus dilakukan oleh lima pemimpin KPK. Dalam kasus Budi Gunawan, penetapan tersangka diketahui dilakukan kurang dari lima orang pemimpin KPK.