PM Singapura Akan Menjalani Operasi Prostat

Foto: AFP

Singapura,Sayangi.Com– Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong akan menjalani operasi kanker prostat pada Senin (16/2).

“PM Lee akan cuti medis selama seminggu, dan diharapkan bisa pulih sepenuhnya setelah operasi,” demikian pernyataan resmi kantor perdana menteri, Minggu (15/2), seperti dikutip AFP.

Lee didiagnosis menderita kanker prostat pada bulan lalu, setelah menjalani scan Magnetic Resonance Imaging (MRI) memperlihatkan adanya kanker tersebut. Dari sampel kelenjar yang diambil juga menunjukkan adanya kanker tersebut.

Kantor perdana menteri juga menjelaskan bahwa PM Lee memutuskan untuk mengikuti saran tim dokter yang menawarkan opsi pengangkatan kelenjar prostatnya menggunakan prostatektomi dengan robot.

Operasi terhadap PM Lee akan dipimpin oleh Prof. Christopher Cheng, kepala urologis di Singapore General Hospital. Cheng adalah pelopor penggunaan bantuan robot dalam operasi.

Kanker prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki di bawah kandung kemih, adalah kanker paling umum ketiga di antara orang-orang Singapura . Hal ini biasanya diobati melalui terapi radiasi, terapi hormon, operasi dan kemoterapi.

Lee, pada 1992 juga pernah divonis kanker, saat itu ia didiagnosa menderita limfoma ganas kelas menengah. Ia kemudian menjalani kemoterapi dan sembuh pada April 1993.