Gugatan Praperadilan BG Diterima PN Jaksel

Jakarta, Sayangi.com– Gugatan praperadilan yang diajukan Komjen Pol. Budi Gunawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dikabulkan oleh hakim tunggal Sarpin Rizaldi.

Hakim Sarpin Rizaldi memutuskan bahwa penetapan tersangka BG oleh KPK tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat. Hakim berpendapat, KPK tidak bisa mengusut kasus yang menjerat pemohon saat menjabat Karo Binkar Mabes Polri pada tahun 2003-2006, karena Budi Gunawan bukan termasuk penyelenggara negara saat kasus yang disangkakan terjadi.

“Ternyata jabatan Karobinkar adalah jabatan administrasi golongan eselon IIa, bukan termasuk eselon I,” kata Hakim Sarpin,¬†saat membacakan putusannya dalam sidang praperadilan Komjen Budi Gunawan di PN Jaksel, Senin (16/2).¬†

Selain itu, Hakim juga berpendapat bahwa tidak ada kerugian negara dalam kasus Budi Gunawan, serta tidak termasuk dalam kualifikasi meresahkan dan mendapat perhatian masyarakat saat kasus itu terjadi.

Dengan putusan ini, hakim Sarpin menyatakan bahwa surat perintah penyidikan nomor Sprindik-03/01/01/2015 tanggal 12 Januari 2015 yang menetapkan pemohon sebagai tersangka oleh termohon, terkait peristiwa pidana sebagaimana dimaksud dalam pasal 12 a atau b pasal 5 ayat 2, pasal 11 atau 12 b UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Junto UU 20/2001 tentang perubahan atas UU 3/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP adalah tidak sah dan tidak berdasar atas hukum

“Oleh karenanya penetapan pemohon sebagai tersangka tidak mempunyai kekuatan mengikat,” kata hakim Sarpin.