Batal Lantik BG, Jokowi Usulkan Badrodin Haiti Jadi Calon Kapolri

Jakarta,Sayangi.Com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk tidak melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Polri, dan mengajukan nama Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon baru Kapolri yang akan segera diusulkan ke DPR untuk mendapat persetujuan.

Presiden Jokowi menyampaikan keputusan tersebut dalam keterangan pers dengan didampingi Wapres Jusuf Kalla di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/2) siang.

Dalam kata pengantarnya, Jokowi mengemukakan bahwa pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri telah menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat. Maka, untuk menciptakan ketenangan di masyarakat dan mempertimbangkan kebutuhan Polri terhadap kepemimpinan yang definitif, ia perlu mengambil keputusan tersebut.

“Maka hari ini kami usulkan calon baru, yaitu Komisaris Jenderal Badrodin Haiti untuk mendapat persetujuan DPR sebagai Kapolri,” kata Jokowi.

Tentang status Budi Gunawan, Jokowi memutuskan bahwa yang bersangkutan tetap diharapkan kontribusinya dalam posisi dan jabatan apapun yang akan segera diamanatkan kepadanya.

Dalam keterangan pers yang singkat itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa ia akan segera mengeluarkan Keppres pemberhentian sementara terhadap untuk dua orang pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yakni Abraham Samad dan Bambang Widjojanto, yang saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian.

Selanjutnya, untuk mengisi kekosongan pimpinan KPK, Jokowi menyatakan akan mengeluarkan Perppu (peraturan pemerintah pengganti undang-undang) perihal pengangkatan pimpinan sementara KPK yang mencakup tiga orang, yakni mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, Prof. Dr. Indroyanto Seno Adji, dan Direktur Pencegahan KPK Johan Budi.