Jokowi Tak Lantik BG: PDIP Kecewa, Demokrat Menghormati

Jakarta,Sayangi.Com- Anggota DPR RI yang mulai besok akan memasuki masa reses hingga 22 Maret 2015, menyampaikan sikap tak sama terkait keputusan Presiden Jokowi untuk tidak melantik Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri dan justru mengusulkan nama Komjen Badrodin Haiti sebagai calon baru Kapolri.

Ketua bidang hukum DPP PDI Perjuangan yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR, Trimedya Panjaitan, menyatakan kecewa dengan keputusan Jokowi tersebut yang diumumkan pada siang hari ini di Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Pertama, tentu kami kecewa, karena sampai tadi kita harapkan Presiden melantik BG. Kedua, itu baru diumumkan Jokowi padahal di undang-undang ditentukan 20 hari,” kata Trimedya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (18/2).

Trimed, sapaan akrab Trimedya Panjaitan, menyatakan bahwa DPR khususnya Komisi III belum menentukan sikap terkait persoalan ini karena mulai besok akan memasuki masa reses. Namun, dia menyatakan DPR akan membahas persoalan ini di masa persidangan mendatang.

“Kita tunggu suratnya. Kami akan bahas ini setelah DPR masuk lagi, apa terima atau tidak Badrodin Haiti jadi Kapolri,” ujarnya.

Berbeda dengan Trimedya Panjaitan, anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul menyatakan bisa menghormati keputusan Presiden Jokowi yang tidak melantik Komjen Budi Gunawan. Ia menyebut keputusan tersebut merupakan hak prerogatif Presiden yang harus dihormati oleh semua pihak.

Kepada Komjen Budi Gunawan, Ruhut berharap tidak berkecil hati dan tetap berkontribusi ke institusi Polri.

“Kita juga menunggu, apa posisi baru yang akan diberikan, apakah Wakapolri atau bagaimana,” kata Ruhut, di Gedung DPR, Rabu (18/2).