Wapres Yakin Hubungan KPK-Polri Kini Lebih Baik

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta,Sayangi.Com- Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai hubungan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan kepolisian Republik Indonesia (Polri) lebih tertib dan baik menyusul pengangkatan tiga orang anggota pimpinan sementara KPK.

“Ya pasti lebih tertib karena Pak Taufiquerachman latar belakangnya juga Polri jadi pasti lebih mengerti,” kata Jusuf Kalla kepada pers, usai menutup Musyawarah Kerja Nasional I Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta, Kamis (10/2).

Wapres berharap ketiga pimpinan baru KPK bisa membuat hubungan lembaga itu dengan Polri bisa berjalan lebih baik dan tidak lagi berseteru seperti selama ini.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi kemarin menyatakan akan mengeluarkan Keppres pemberhentian sementara bagi Ketua KPK Abraham Samad dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto karena keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka.

Untuk mengisi kekosongan pimpinan KPK, Presiden juga akan menerbitkan Perppu untuk mengangkat tiga orang pimpinan sementara KPK. Ketiganya adalah mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, Indrayanto Seno Adji, dan Johan Budi.

Saat ditanya wartawan soal dugaan kriminalisasi terhadap pimpinan KPK, Jusuf Kalla balik bertanya: “Siapa bilang dikriminalisasi?”¬†Menurutnya, jika memang ada yang berbuat kriminal maka biarkan hukum yang berjalan.

Masalah Politik Teratasi

Saat menyampaikan sambutan pada acara penutupan Mukernas I PPP, Wapres mengatakan bahwa berbagai masalah politik dan ekonomi yang terjadi dalam satu minggu belakangan sudah dapat diselesaikan oleh pemerintah sehingga kehidupan nasional ke depan kembali dalam situasi yang terbaik.

“Bahwasanya ada masalah betul, tapi alhamdulillah sudah bisa kita selesaikan dengan baik dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Jusuf Kalla mengajak kepada seluruh kader PPP bersama-sama mempersatukan dan memajukan bangsa dengan tidak lagi melihat melihat ke belakang namun menatap ke masa datang.

“Namanya saja sudah persatuan jadi saya berharap agar PPP bersama-sama pemerintah memikirkan berbagai masalah bangsa dan mencari solusinya,” kata Wapres.