Sutan Bhatoegana Jalani Pemeriksaan Perdana Setelah Ditahan

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Sejak ditahan pada 2 Februari 2015 lalu, Sutan Bhatoegana (SB) menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait penetapan APBN-P tahun 2013 pada kementerian ESDM, Jumat (20/2).

“SB diperiksa sebagai tersangka,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, Jumat (20/2).

SB ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 14 Mei 2014 dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait dengan pembahasan anggaran APBNP tahun 2013 di Kementerian ESDM.

SB disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau pasal 11 dan pasal 12 B UU 31/1999 sebagaimana diubah dalam UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Dalam amar putusan mantan Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini, pada 29 April lalu, majelis hakim menyebutkan, Rudi pernah menyerahkan 200 ribu dolar AS kepada Sutan Bhatoegana. Uang itu merupakan bagian dari suap yang diberikan oleh Komisaris Kernel Oil, Pte, Ltd, Simon Gunawan Tanjaya kepada Rudi. Suap diberikan Simon melalui Deviardi.

Dalam persidangan juga muncul keterangan terkait penerimaan uang oleh Rudi, antara lain karena dia didesak membantu Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Waryono Karno dalam memuluskan pembahasan anggaran ESDM pada Komisi VII DPR.