Menhan: Tugas Pemuda Menjaga Keutuhan dan Kedaulatan NKRI

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakn, tugas utama pemuda bangsa ini adalah untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara kesatuan. Ibarat rantai, keutuhan satu wilayah itu harus saling berkait, utuh, dan satu lepas maka bisa lepas semua. 

“Tugas utama pemuda bangsa ini untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI sebagai negara kesatuan. Keutuhan satu wilayah itu harus saling berkait, utuh, dan satu lepas maka bisa lepas semua. Kita harus hitam putih untuk NKRI tidak ada abu-abu,” kata Ryamizard saat menerima Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Taufan Eko Nugroho Rotorasiko yang didampingi Pengurus DPP KNPI Muhammad Harry Naldi di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (20/2) sore.

Menhan juga berpesan kepada para pemuda sebagai calon pemimpin agar pandai merasa, merasakan kesulitan hidup rakyat, mendengar rakyat, berbuat untuk rakyat bukan sebaliknya merasa pandai dan tidak mau mendengar. 

“Tugas pemimpin untuk memimpin, bukan untuk dipuji,” tambahnya.

Menhan juga menyambut baik penyelenggaraan Kongres XIV KNPI di Papua. Sebelumnya, Taufan menjelaskan, Kongres KNPI XIV untuk pertama kalinya akan dilaksanakan di Jayapura, Papua pada 24-28 Februari 2015 mendatang.

Kepada Menhan, Taufan juga menuturkan alasan penyelenggaraan Kongres Pemuda di Papua untuk pertama kalinya dalam sejarah Republik ini merupakan cita cita 20 tahun dari para Senior KNPI yang ingin mewujudkan komitmen pemuda Indonesia bersatu dalam bingkai NKRI.

“Kongres di Papua ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah republik ini sebagai wujud komitmen pemuda Indonesia bersatu dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Di harapkan Kongres ini mampu memberi citra positif adanya semangat  kebersamaan dan persatuan para pemuda dari Jong Papua sampai Jong Aceh.

Kongres Pemuda XIV di Papua akan di hadiri 1500 tokoh tokoh pemuda yg berasal dari 116 utusan organisasi kepemudaan Nasional dan utusan 34 DPD KNPI Provinsi dan ratusan DPD Kabupaten Kota. Kongres KNPI XIV juga akan menentukan ketua Umum KNPI berikutnya.