Tinju Akbar Pacquiao vs Mayweather Dipastikan Digelar 2 Mei

Foto: gtplanet.net

Las Vegas,Sayangi.Com– Duel tinju antara Manny Pacquiao dari Filipina dan Floyd Mayweather Jr dari Amerika Serikat, yang telah lama dinanti penggemar olahraga tinju di seluruh dunia, akhirnya dipastikan akan digelar pada pada 2 Mei 2015 di Las Vegas, AS.

“Yang dinantikan dunia telah tiba. Mayweather vs Pacquiao pada 2 Mei 2015, sudah pasti. Jangan lewatkan itu,” demikian pernyataan Mayweather, seperti dikutip AFP Sabtu (21/2).

Pacquiao sendiri mengaku senang dengan terealisasinya rencana lama yang dinantikan penggemar tinju selama bertahun-tahun itu. “Fans cukup lama menunggu dan mereka layak mendapatkannya,” katanya.

Pekan lalu, Mayweather masih belum memberi kepastian tentang duelnya melawan Pacquiao. Namun, Pacquiao sudah memberi ultimatum bahwa batas waktu kepastiannya adalah akhir bulan Februari ini.

Untuk duel ini, Pacquaio dan promotor Top Rank telah menyepakati berbagai ketentuan termasuk memberi Mayweather 60 persen hasil pemasukan dari pertarungan tersebut. Pacquiao juga setuju dengan ketentuan mengenai sarung tinju yang akan dipakai, serta tes obat-obatan terlarang yang sempat menyebabkan kebuntuan dalam negosiasi tahun 2009 dan 2010.

Penggemar tinju dunia sudah cukup lama menantikan pertarungan antara Mayweather yang belum terkalahkan dari 47 penampilan, 26 dengan KO, melawan Pacquaio (57-5-2, 38 KO) yang menjadi juara dunia di delapan kelas.

Duel antara Mayweather yang punya kecederungan bertahan dan Pacquiao yang selalu tampil agresif, telah beberapa kali tertunda, terutama dengan berbagai alasan dari kubu Mayweather.

Showtime dan HBO akan secara bersama-sama menyiarkan pertandingan tersebut, yang diperkirakan merupakan yang terbesar setelah duel klasik “Thrilla in Manila” antara Muhammad Ali dan Joe Frazier pada 1 Oktober 1975.

Sayangnya, dengan usia Mayweather 37 tahun dan Pacquiao 36 tahun, keduanya telah berada di pengujung kariernya dan tentu saja kemampuannya telah menurun dibandingkan dengan masa puncak keduanya pada 6 atau 10 tahun lalu.