Masyarakat Desak Turun, Nasib Ahok Tergantung DPRD

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Direktur Eksekutif Jakarta Public Service (JPS), Mohammad Syaiful Jihad menyatakan pemakzulan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu menunggu langkah hak angket yang dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI.

“Jika dikaitkan dengan pemakzulan Ahok oleh DPRD DKI tergantung dari hak angket yang mendapat dukungan mayoritas anggota dan fraksi di DPRD DKI,” kata Syaiful, Selasa (24/2).

Syaiful mengungkapkan, desakan pemakzulan bukan Cuma dari DPRD melalui hak angket, tapi di akar rumput pun bgitu keras terdengar. Seperti pada hari Minggu (22/2) lalu, massa menggalang dukungan untuk mencabut mandat Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta di sela-sela Car Free Day.

“Keseriusan DPRD melakukan hak angket sangat ditunggu masyarakat. Apakah hak angket akan disetujui dalam Paripurna DPRD? Apakah hak angket akan ‘masuk angin’? Apakah hasil penyelidikan yang dilakukan oleh panitia angket nanti akan menunjukkan Ahok telah melakukan pelanggaran?,” tanya Presidium Himpunan Masyarakat Untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) itu..

Kendati demikian, Syaiful mengaku belum bisa menilai apakah Ahok dapat dimakzulkan atau tidak saat ini. Ia masih perlu waktu untuk menilai.

“Masih tunggu langkah DPRD. Jadi masih perlu waktu untuk menilai,” pungkasnya.