Novel Baswedan Diminta Tidak Penuhi Panggilan Bareskrim

Foto Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Bareskrim Mabes Polri dijadwalkan akan memeriksa Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, Kamis (26/2). Novel diperiksa dalam kapasitas sebagai tersangka kasus dugaan penganiayaan narapidana pencurian sarang burung walet di Bengkulu tahun 2004.

Rencananya Novel akan hadir memenuhi panggilan kepolisian tersebut. Namun, pimpinan KPK‎ meminta Novel untuk tidak memenuhi panggilan.

“‎Rencananya datang, tapi ada perkembangan Pimpinan KPK meminta tidak datang,” kata kusa hukum Novel, M. Isnur kepada wartawan, Kamis (26/2).

‎Isnur mengatakan, pimpinan KPK juga dikabarkan sudah melakukan komunikasi dengan pelaksana tugas Kapolri, Komjen Badrodin Haiti. Namun, ia mengaku tidak mengetahui secara detil soal komunikasi itu.

“Harus nanya langsung sama Humas KPK,”‎ tandas Isnur.

Pemeriksaan kali ini merupakan panggilan yang kedua untuk Novel. Sebelumnya, Novel tidak memenuhi panggilan pertama yang dilayangkan oleh kepolisian. Novel diduga terlibat dalam kasus dugaan kekerasan terhadap pelaku pencurian sarang burung walet di Bengkulu pada tahun 2004 silam. Novel sudah ditetapkan sebagai tersangka. Ketika itu, ia menjabat sebagai Kasatreskrim di Bengkulu.

Kasus itu mencuat saat Novel membongkar perkara korupsi di Korlantas Polri. Saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono pernah meminta kepolisian untuk menghentikan kasus Novel ini. Namun ternyata, kini perkara itu kembali dilanjutkan.