Johan Budi: Penyidikan Tidak Berhenti Karena Praperadilan

Foto Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Plt Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP mengatakan, penyidikan perkara yang tengah dilakukan oleh KPK tidak berhenti karena seorang tersangka korupsi mangajukan permohonan praperadilan. Hal tersebut dikatakan Johan terkait praperadilan yang memenangkan Komjen Budi Gunawan.

“Saya tegaskan, praperadilan tidak akan menghentikan proses penyidikan yang kita lakukan,” kata Johan, Kamis (26/2).

Johan mengatakan praperadilan yang diajukan oleh seorang tersangka memang sempat dibahas oleh pimpinan KPK‎. Hasilnya, tidak ada pembahasan mengenai opsi penghentian sementara penyidikan terhadap kasus yang diajukan permohonan praperadilan.

“Jadi tidak ada itu keputusan penghentian sementara penyidikan karena tersangka sedang mengajukan praperadilan,” jelasnya.

Seperti diketahui, pasca Permohonan Praperadilan Komjen Budi Gunawan terhadap KPK dikabulkan Pengadilan, tersangka lainnya ikut mengikuti langkah yang sama. Langkah Komjen Budi Gunawan yang berhasil mengugurkan status tersangkanya, kini diikuti oleh mantan Menteri Agama, Suryadharma Ali (SDA).

SDA dua kali tidak menghadiri panggilan sebagai tersangka. Yang menjadi alasan SDA salah satunya adalah karena tengah menjalani proses praperadilan.