CSIS: Hatta Rajasa Unggul Dukungan di DPD PAN Kabupaten/Kota

Foto: Antara

Jakarta,Sayangi.Com– Menjelang Kongres IV PAN di Bali yang akan dimulai pada 28 Februari, Lembaga penelitian Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil sensus yang mereka lakukan terhadap semua ketua PAN di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Hasil sensus CSIS yang dipublikasikan Kamis (26/2) hari ini menunjukkan, 42,77 persen ketua DPD PAN di tingkat kabupaten/kota mendukung Hatta Rajasa untuk melanjutkan kepemimpinannya di PAN. Hanya 38,64 persen ketua PAN di tingkat kabupaten/kota yang mendukung Zulkifli Hasan. DPD PAN sisanya memilih nama lain seperti Dradjad Wibowo, Taufik Kurniawan, dan Viva Yoga mauladi.

Sedangkan untuk DPW PAN se-Indonesia, Hatta dan Zulkifli masing-masing memperoleh dukungan sama yakni 13 provinsi. Provinsi sisanya masih menyatakan tidak tahu.

“Hatta lebih unggul di tingkat DPD kabupaten/kota. Dari total 514 Ketua DPD PAN kabupaten/kota, mayoritas mendukung Hatta Rajasa,” kata peneliti CSIS Arya Fernandes dalam acara pemaparan hasil Sensus Nasional Partai Politik di Jakarta, Kamis (26/2).

Menurut Arya, responden sensus CSIS adalah ketua PAN di 34 provinsi dan di 514 kabupaten/kota. CSIS juga mewawancarai ketua PAN di 28 provinsi dan di 484 kabupaten/kota melalui wawancara tatap muka pada 16-19 Februari 2015.

Terkait komunikasi politik ke daerah, menurut sensus CSIS, mayoritas Ketua DPD dan DPW PAN se-Indonesia menyatakan komunikasi Hatta Rajasa dipandang lebih baik ketimbang Zulkifli Hasan.

Arya mengatakan, hasil sensus CSIS itu merupakan hasil sementara, karena pertarungan masih akan berlangsung dalam dua hari menjelang Kongres IV PAN diselenggarakan, dan peta kekuatan masih mungkin berubah.

“Masih tersisa dua hari tiga malam, kalau ada badai kuat bisa berubah,” ujarnya.

Bak Pertarungan SBY-Amien Rais

Secara berseloroh, Arya mengemukakan bahwa persaingan calon ketua umum di Kongres IV PAN antara calon petahana Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan, bak pertarungan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Amien Rais. Hatta Rajasa adalah besan dari SBY, sedangkan Amien Rais adalah besan dari Zulkifli Hasan.

“Tinggal siapa dari dua kekuatan besar ini, apakah pak SBY atau pak Amien Rais yang menang,” ujarnya.