34 Gubernur Minta Perlindungan Gunakan Anggaran

Ambon,Sayangi.Com– Para Gubernur yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) meminta perlindungan dari Pemerintah Pusat terkait banyaknya tekanan kepada para Gubernur akhir-akhir ini dalam penggunaan anggaran pembangunan.

“Kami butuh perlindungan dan jalan keluar dari pemerintah pusat terlebih Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla,” kata Ketua Umum APPSI Syahrul Yasin Limpo, pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APPSI tahun 2015, di Ambon, Maluku, Kamis (26/2) malam.

Syahrul Yasin Limpo yang juga Gubernur Sulawesi Selatan itu mengatakan, semua Gubernur bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan keuangan negara yang dialokasikan untuk pembangunan di daerah. Namun, jangan hanya karena kesalahan administrasi dalam penggunaan anggaran yang kecil kemudian tersandung masalah hukum.

APPSI, menurut Syahrul, saat ini semakin solid dan terus bekerja untuk meningkatkan dan mengimplementasikan berbagai program pembangunan bersama Menteri Dalam Negeri.

“Rakernas APPSI tahun 2015 di Ambon juga dilandasi tekad bersama para Gubernur untuk memajukan bangsa dan negara serta menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Syahrul Yasin Limpo berharap kehadiran Wapres Jusuf Kalla membuka Rakernas APPSI dapat memberikan angin segar kepada para Gubernur dalam melanjutkan program pembangunan di daerah masing-masing.

“Para Gubernur rindu untuk bicara dari hati ke hati bersama Pak Wapres Jusuf Kalla, sekaligus memberikan sesuatu yang berarti dan menjadi pegangan untuk maju bersama demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan daerah, bangsa dan negara,” katanya.

Dia juga menegaskan, para Gubernur sepakat untuk membangun lima hal utama dalam program pembangunan yakni keselarasan masalah politik, kemajuan ekonomi di tengah berbagai tantangan yang dihadapi, meningkatkan kecerdasan masyarakat melalui pendidikan dan agama, menjaga ketahanan keamanan, dan menjaga ideologi negara.

Rakernas APPSI yang berlangsung 26–28 Februari, dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, serta Gubernur dari 22 provinsi.

Acara itu dibuka oleh Wapres Jusuf Kalla pada Kamis malam.

Sumber: Antara