Ketua DPR: Beras Melambung karena Distribusi Terhambat di Tengkulak

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan, salah satu penyebab beras melambung 30 persen dari harga pasaran dalam beberapa hari terakhir adalah karena ada masalah distribusi yang terhambat di tengkulak-tengkulak beras.

“Jadi memang ini masalah mengenai distribusi dimana presiden terus mengawasi dan harus mengamputasi dari distribusi yang dilakukan tengkulak-tengkulak,” ujarnya di gedung DPR Senayan, Jakarta, Jumat (27/2).

Setya melanjutkan, indikasi lain adalah masalah tanam di Indonesia yang kurang perhatian. Pasalnya, masalah tanam menyebabkan Indonesia masih impor beras dari negara lain dalam jumlah yang besar.

“Masalah tanam harus diperhatikan karena situasi sekarang kita masih impor. Nah kita harapkan impor kita kurangi terus. Daerah-daerah centra pertanian kita hidupkan kembali supaya bisa menggerus terus dalam hal impor pertanian itu,” lanjutnya.

Ia juga meminta kepada pemerintah untuk memberikan perhatian khusus adanya indikasi mafia beras yang memainkan harga pasaran.

“Ya ini yang harus kita berantas karena ini menyangkut kehidupan rakyat,” pungkasnya.