Wapres: General Motor Bangkrut Karena Kalah Bersaing

Foto: Sayangi.com/Emil

Makassar, Sayangi.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai produsen mobil asal Amerika Serikat, General Motor di Indonesia bangkrut karena kalah bersaing dengan industri otomotif Jepang dan Korea Selatan yang setiap tahun bisa memproduksi jutaan unit.

“Orang beli mobil kalau modelnya bagus dan harganya bersaing, selain modelnya harus menarik. Kalau penjualan setiap tahun hanya mencapai ribuan unit maka akan kalah bersaing,” katanya kepada pers di kediaman pribadinya di Makassar, Jumat.

Wapres berada di Makassar setelah sebelumnya ke Jayapura dan Ambon untuk serangkaian kunjungan kerja.

Dikatakan Kalla, industri ootomotif adalah jangka panjang dan untuk mencapai penjualan tinggi salah satunya harus bisa menghasilkan model yang menarik agar laku dibeli.

“Kalau penjualan rendah seperti Chevrolet dan Ford yang hanya ribuan unit tiap tahun, maka tak bisa bersaing dengan Toyota dan Honda. Jadi kalah persaingan,” kata wapres.

Kalla mengakui industri otomotif negara manapun akan sulit bersaingan dengan otomotif asal Jepang dan Korsel.

Sebenarnya, kata wapres, bangkrutnya General Motor (GM) tak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di negara asalnya, Amerika Serikat.

Bangkrutnya GM, katanya, disebabkan pula dengan mmenurunnya perekonomian dunia yang antara lain disebabkan jatuhnya harga komoditas.

GM akan menutup pabriknya di Pondok Ungu Bekasi, yang memproduksi mobil MPV Chevrolet Spin mulai Juni 2015. (Ant)