Pembukaan Kongres IV PAN Berlangsung Panas

Foto: Antara

Nusa Dua, Sayangi.Com– Suasana pembukaan Kongres IV PAN 2015 yang berlangsung di Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Sabtu (28/2) malam, berlangsung panas.

Pendukung Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan, dua calon yang bersaing untuk menjadi Ketua Umum DPP PAN 2015-2020, melakukan aksi sorak dan saling tunjuk sehingga membuat suasana pembukaan Kongres yang dihadiri dua ribu lebih peserta itu sangat riuh.

Aksi saling sorak sudah terjadi sejak Ketua Umum PAN 2010-2015 Hatta Rajasa memasuki arena kongres. Pendukung Hatta langsung menyambut dengan teriakan “Hidup Hatta”, yang disambut sorakan “Huuu” dari pendukung Zulkifli. Sebaliknya, saat Zulkifli memasuki arena Kongres, para pendukung Hatta menyorakinya dengan “Huuu”.

Aksi saling sorak antar kedua pendukung terus berlanjut hingga Hatta Rajasa naik ke podium untuk menyampaikan pidato pembukaan Kongres IV PAN.

“Jaga persatuan dan keutuhan partai kita. Siapapun ketua umum yang maju dan berkompetisi kita sikapi dengan arif dan bijaksana,” kata Hatta, yang disambut dengan sorakan “huuuu” dari para pendukung Zulkifli.

Hatta melanjutkan: “Jangan korbankan keutuhan partai, kemenangan sejati milik partai, bukan orang per orang. Setelah kompetisi, mari bersatu, perkuat partai.”

Dalam pidato politiknya, Hatta menyatakan bahwa PAN tidak akan keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP).

“Saya yakin, siapa pun yang terpilih menjadi ketua umum, PAN tetap berkoalisi di KMP dan ini adalah untuk pertama kali PAN berada di luar pemerintahan,” katanya.

Hatta juga mengemukakan keberhasilan PAN pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014 lalu. Menurutnya, untuk pertama kalinya suara PAN pada pemilu legislatif melebihi 9 juta suara.

“Memang capaian tersebut belum cukup memuaskan. Namun, kita telah bekerja keras untuk menghentikan tren penurunan,” ujarnya.

Acara pembukaan Kongres IV PAN antara lain dihadiri Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, Ketua DPD Irman Gusman, dan sejumlah pimpinan partai politik. Hadir perwakilan Koalisi Merah Putih, yakni Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Presiden PKS Anis Matta, dan Ketua Umum PPP Djan Faridz.

Dari Partai Demokrat, hadir Ketua Harian Demokrat Syarief Hasan, dan Sekjen Edhy Baskoro Yudhoyono (Ibas). Sedangkan dari Koalisi Indonesia Hebat tampak Sekjen Nasdem Patrice Rio Capella yang didampingi anggota DPR dari Partai Nasdem Johny G Plate.