Amien Rais Makin Terbuka Serang Hatta dan Puji Zulkifli

Nusa Dua,Sayangi.Com– Ketua MPP PAN Amien Rais semakin terbuka menyerang Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, dan sebaliknya banyak memuji Zulkifli Hasan yang menjadi pesaing Hatta untuk memperebutkan posisi Ketua Umum DPP PAN periode 2015-2020.

Serangan terbaru terhadap Hatta disampaikan Amien Rais pada pidato singkatnya dalam acara pembukaan Kongres IV PAN di Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Sabtu (28/2) malam.

Amien bercerita, pada malam hari tanggal 30 September lalu, ada rapat di DPP partai menengah. Ketua umum mengaku mau menemui teman teman KMP. Ternyata, satu jam kemudian muncul berita di media online, ketua umum ternyata menemui Surya Paloh dan Joko Widodo (Jokowi).

“Siapa ketua umum itu, saya lupa namanya. Tapi harusnya ketua umum tidak berbohong, kalau ketua umum lurus ucapannya, Insya Allah akan maju,” ujar Amien.

Amien pun langsung menutup pidato dan kembali ke kursinya. Meski tidak secara langsung menyebut nama Hatta Rajasa, sebagian besar peserta Kongres IV PAN tentu mengerti bahwa yang disebut ketua umum dalam cerita Amien Rais itu adalah Hatta Rajasa. 

Usai acara pembukaan Kongres, Amien Rais kembali menyindir Hatta. Kepada wartawan, ia membandingkan Hatta Rajasa yang beberapa kali menjadi menteri di bawah empat presiden dengan Zulkifli Hasan yang kini menjadi Ketua MPR.

“Kalau menteri cuma dicomot. Tapi ketua MPR dipilih orang banyak,” kata Amien.

Hatta Bantah Tuduhan Amien

Mendapat serangan mengejutkan dari Amien Rais, Hatta Rajasa menggelar jumpa pers usai acara pembukaan Kongres. Ia menjelaskan bahwa tidak ada yang rahasia pada pertemuan tanggal 30 September itu, karena ia hadir bersama Zulkifli Hasan.

Menurutnya, pertemuan itu hanya bagian dari etika berpolitik yang santun. Sebagai calon wapres yang kalah, wajar jika ia mengucapkan selamat kepada Jokowi sebagai pemenang Pilpres. 

Hatta juga menyatakan, tidak menutupi pertemuan itu kepada para tokoh KMP. “Setelah itu saya kumpul dengan KMP, saya jelaskan hasil pertemuan. Itu pertemuan pertama dan terakhir,” tuturnya.

Saat ditanya wartawan apakah ia marah karena diserang seperti itu, Hatta menyatakan tetap menaruh hormat kepada Amien Rais.

“Saya ingin jelaskan saya tetap menaruh hormat kepada beliau selaku tokoh pendiri PAN. Jangan pancing saya, saya ingin jelaskan saya tidak berbohong,” kata Hatta.