Zulkifli Hasan Terpilih Sebagai Ketua Umum PAN

Nusa Dua, Sayangi.com – Ketua MPR Zulkifli Hasan akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode 2015-2020 melalui voting pada Kongres IV PAN yang berlangsung di Hotel Westin Nusa Dua Bali, Minggu (1/3) malam.

Zulkifli berhasil mengumpulkan 292  suara atau unggul 6 suara dari calon petahana Hatta Rajasa yang memperoleh 286 suara, sedangkan suara  tidak sah 4 suara. Total peserta yang memberikan hak suaranya berjumlah 582.

Teriakan allahu akbar dan tepuk tangan meriah menggema di arena kongres saat penghitungan suara memastikan kemenangan Zulkifli.

“Bang Zul, Bang Zul,” demikian pekikan pendukung Zulkifli Hasan menyambut kemenangan kandidatnya

Penghitungan sempat diwarnai kericuhan ketika dijumpai perbedaan antara hasil penghitungan manual di papan tulis dan di layar komputer. Kericuhan tersebut terjadi saat penghitungan telah berjalan sekitar 15 menit. Kedua kubu akhirnya menyepakati penghitungan ulang secara manual dan penampilan penghitungan di layar komputer dihentikan.

Seperti diketahui, pemilihan Ketua Umum PAN dimajukan dari jadwal yang seharusnya karena ketika sidang pertama kali dibuka suasana sudah kurang kondusif akibat teriakan masing-masing pendukung kandidat. Dalam forum lobi akhirnya baik kubu Hatta Rajasa maupun Zulkifli Hasan menyepakati pemajuan agenda pemilihan ketua umum.

Usai pemilihan ketua umum, acara Kongres akan dilanjutkan dengan sidang-sidang komisi membahas AD/ART dan program kerja PAN ke depan.