Soetrisno Bachir Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua MPP PAN

Foto: Antara

Nusa Dua,Sayangi.Com– Kongres IV PAN di Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, menetapkan secara aklamasi Soetrisno Bachir sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN periode 2015-2020.

Rapat paripurna pemilihan ketua MPP PAN yang berlangsung Senin (2/3) siang, berlangsung singkat dan peserta sidang tidak seramai seperti pemilihan Ketua Umum DPP PAN pada Minggu malam.

Ketua SC Taufik Kurniawan yang menjadi pimpinan sidang terlebih dahulu menawarkan kepada peserta sidang mekanisme pemilihan Ketua MPP. Peserta sidang, yang sebagian besar merupakan pendukung Zulkifli Hasan, secara spontan meminta agar pemilihan dilakukan secara aklamasi dengan alasan hanya ada satu calon Ketua MPP yakni Soetrisno Bachir.

“Kalau begitu kita putuskan Ketua MPP dipilih aklamasi,” kata Taufik. Ia lalu kita mempersilakan Soetrisno Bachir untuk menyatakan kesediaannya.

Dalam sambutannya, Soetrisno Bachir yang merupakan mantan ketua umum PAN periode 2010-2015 itu mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, khususnya dari Zulkifli Hasan sebagai ketua umum PAN yang baru dan pendiri PAN Amien Rais.

Tidak Sekuat Amien Rais

Usai ditetapkan sebagai Ketua MPP PAN yang baru, Soetrisno Bachir menyatakan bahwa MPP PAN ke depan pengaruhnya terhadap kebijakan partai tidak akan sekuat saat lembaga tersebut dipimpin oleh Amien Rais.

“Pak Amien punya pengaruh kuat karena beliau kharismatik dan merupakan pendiri PAN. Sekarang, tidak ada figur sekharismatik Pak Amien, karena itu MPP akan bekerja secara kolektif dan kolegial,” kata Mas Tris, sapaan akrab Soetrisno Bachir.

Ia berjanji akan mengajak para senior PAN untuk bergabung dalam MPP dan bekerja keras untuk memberikan pertimbangan konstruktif untuk kemajuan partai.