Anggota DPRD Sebut Yayasan Ahok Kantongi Dana Triliunan Rupiah

Foto: Sayangi.com

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki yayasan yang mengantongi dana hingga triliunan rupiah. Dana tersebut berasal dari dana tanggung jawab sosial (Corporate Sosial Responsibility (CSR) perusahaan pengembang.

Yayasan milik mantan Bupati Belitung Timur tersebut didirikan dengan nama Ahok Center. Ia didirikan sejak Ahok menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012, yang merupakan pendamping Jokowi.

Hal tersebut diungkapkan anggota DPRD DKI Jakarta M Sanusi. Ia pun meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) agar melakukan audit terhadap keuangan Ahok Center tersebut.

“Ada dana triliunan yang dikumpulkan yayasan Ahok Center dan hingga kini tidak ada pertanggungjawaban ke publik,” kata M. Sanusi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (8/3/2015).

Lebih lanjut Sanusi mengatakan pihak DPRD telah meminta BPK untuk melakukan audit terhadap Yayasan tersebut. Sebab yayasan itu menggunakan pengaruh Ahok sebagai pejabat Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

“Apakah bisa yayasan Ahok Center mengumpulkan dana jika Ahok tidak menjadi Wagub dan juga saat ini sebagai Gubernur,” ujarnya mempertanyakan.

Menurut anggota Fraksi Gerindra DKI Jakarta ini, Ahok Center memiliki aktivitas yang besar dan bahkan hampir setara dengan program-program yang dibiayai oleh Pemprov DKI. Misalnya, pembangunan Waduk Pluit yang juga banyak menggunakan dana Ahok Center.

“Jika sudah menggunakan yayasan tersebut, Pemda tidak boleh ikut mengawasi,” katanya.

Dia menduga Yayasan Ahok Center telah berhasil mengumpulkan dana triliunan rupiah yang berasal dari para pengusaha dan pengembang yang akan melakukan investasi, baik kawasan apartemen, perumahan, dan lainnya di daerah Jakarta.

http://www.examitpass.com