Ini Dia Profil Sekjen Baru PAN Eddy Suparno

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Umum terpilih Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan Selasa (17/3) menyebutkan akan menunjuk Eddy Suparno untuk mendampinginya sebagai Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (Sekjen PAN) dalam kepengurusan periode 2015-2020.

“Eddy Suparno Pernah menjabat di berbagai bank internasional. Dulu tim pemenangan Pak Amien Rais dan Pak Sis (Siswono Yudhohusodo). Waktu capres-cawapres,” kata Zulkifli Hasan di gedung DPR Jakarta, Selasa (17/3).

Zulkfili mengatakan sosok Edi Suparno berlatar belakang profesional dan pernah menduduki beberapa jabatan di bank internasional dan dinilai mampu mengikuti perkembangan dan tantangan global.  Selain menunjuk Eddy sebagai Sekjen, Zulkifli juga mengangkat Nasrullah sebagai Bendahara Umum.

Eddy Suparno sebelumnya lebih dikenal sebagai eksekutif di Bakrie Brothers. Eddy bergabung sebagai Chief Financial Officer (CFO) PT Bakrie Indo Infrastructure pada Juli 2008. Dan sekarang dia menjabat sebagai direktur Bakrie and Brothers.

Eddy mempunyai pengalaman di bank selama 20 tahun, termasuk bekerja di berbagai negara di Asia seperti Singapura dan Hongkong. Ia juga mengembangkan karirnya sebagai direktur investasi di  Merrill Lynch. Dia mempunyai pengalaman menjadi komisioner pada  Bakrie Sumatra Plantations Tbk.

Eddy juga pernah menduduki posisi sebagai  Director at a number of Investment Banks. Selain itu, dia merupakan seorang pengacara handal dan menggenggam gelar sarjana dan master di jurusan hukum internasional dengan predikat cumlaude dari Universitas Indonesia. Eddy juga bertindak sebagai ketua komite di Kamar Dagang dan Industri Indonesia untuk Inggris dan infrastruktur Eropa barat.

KARIR

Chief Financial Officer (CFO) at PT Bakrie Indo Infrastructure (2008)
Chief Financial Officer of Bakrie & Brothers tbk (2009)
Finance Director of Bakrie & Brothers tbk (2009)
Director of Investment at Merrill Lynch
Commissioner of Bakrie Sumatra Plantations
Deputy Head of the permanent Capital Markets committee at the Indonesian Chamber of Commerce and Industry (KADIN).

Pada Pilpres tahun 2004, Eddy menjabat Wakil Direktur Eksekutif Amien Rais for President.