Asteroid Sebesar 1000 Meter Akan Melintas Dekat Bumi Besok

Foto: mirror.co.uk

Jakarta, Sayangi.com – Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan, sebuah asteroid raksasa dengan lebar 1.000 meter tengah dalam perjalanan melintasi bumi dalam beberapa hari mendatang. Asteroid yang dinamai ‘2014-YB35’ tersebut berpergian dengan kecepatan 23 ribu mph, dan diprediksi akan melintas sangat dekat dengan bumi di hari Jumat (27/3) mendatang.

Seorang ahli berpandangan, sangat tidak biasa bagi sebongkah batu meteroit kecil melintas di dekat bumi, namun meteroit dengan ukuran seperti ini sangat jarang terjadi dan merupakan ancaman yang sangat nyata.

Menurutnya, jika batu meteorit ini menabrak bumi maka dampaknya akan akan memicu perubahan iklim dasyat, gempa bumi dan tsunami.

Bill Napier, Profesor Astronomi di Universitas Buckinghamshire, mengatakan ada “resiko yang sangat nyata” dari asteroid perusak atau komet jika menghantam bumi.

“Meteroit seperti YB35, kita melihat skala kerusakan global, sesuatu yang akan menimbulkan risiko bagi kelanjutan planet. Peristiwa ini bagaimanapun sangat jarang terjadi, dimana dampak terkecil masih sangat merusak dan merupakan ancaman yang sangat nyata,” tuturnya, seperti dikutip dari Mirror, Kamis (26/3).

Para ahli memperingatkan bahwa hanya masalah waktu bagi asteroid yang dapat mengubah sejarah peradaban dunia betabrakan dengan bumi kita.