Saham Terus Anjlok, Dirut Antam Tato Miraza Dinilai tak Profesional

Jakarta, Sayangi.com – Mantan Sekretaris Menteri Negara BUMN Muhammad Said Didu menyanyangkan kondisi PT Aneka Tambang (ANTAM) yang terus memburuk.

Terbukti, perusahaan raksasa di bidang pertambangan ini mencatat kerugian hingga Rp 775,28 miliar sepanjang 2014.

Said mengakui, sepanjang pengetahuan dirinya, Antam tidak pernah mengalami kerugian. Bahkan sejak Antam didirikan belum pernah merugi.

“Jadi sejak kepemimpinan Tato Miraza, Antam mengalami kerugian seperti sekarang,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Menurut Said Didu, hal ini tentu tidak lepas dari faktor kepemimpinan dan Profesionalitas yang dimiliki sang pimpinan di perusahaan tersebut.

“Bagaimanapun keberadaan kepemimpinan ini sangat berpengaruh terhadap segala situasi yang kini melanda Antam. Apalagi ketika disebutkan bahwa Antam sudah tidak bisa menghidupi anak perusahaan,” ungkapnya.

Said Didu mengatakan, pemimpin itu sangat berpengaruh terhadap kemajuan dan progress sebuah perusahaan, tidak bisa terpisah satu sama lain.

Oleh karenanya, ia meminta agar di perusahaan tersebut, termasuk pula pada BUMN lainnya, masalah kepemimpinan betul-betul diperhatikan. Pemimpin BUMN kata dia, harus profesional dan tidak boleh diintervensi pihak manapun, terutama di luar koorporasi.

“Itulah bahayanya BUMN diintervensi non-korporat. Tentu itu racun bagi BUMN,” jelasnya.

Jika hal demikian terjadi, kata Said Didu, BUMN seperti Antam dipastikan tidak akan sehat, bahkan hingga puluhan tahun ke depan.

“Kalau sudah tidak benar, tidak profesional, tidak mungkin bangkit dalam waktu sekejab, tentu butuh waktu untuk mengembalikan kondisi itu,” ungkapnya.

Said Didu juga menjelaskan bahwa dalam memajukan BUMN, ada banyak faktor yang mesti dinilai. Namun dari sekian banyak faktor tersebut, profesionalisme dan kesungguhan pemimpinnya menjadi yang sangat vital.

Oleh karenanya, ia mengusulkan ke depan, untuk menjadi Dirut Antam tidak bisa dengan langsung ditunjuk, tetapi melalui pertimbangan yang matang dan uji kelayakan. Presiden pun tidak boleh langsung comot, harus betul-betul selektif.

“Kalau mau sehat, tentu harus selektif, jangan mengedepankan kepemimpinan yang tidak berkarakter. Apalagi perusahaan seperti Antam, ini sangat disayangkan bila periode ini terulang kembali,” imbuhnya.

Namun demikian, selain persoalan tersebut masih banyak persoalan lain yang menyelimuti Antam. Di antaranya produksi yang tidak berjalan dan lemahnya Board of Directors (BOD) untuk bekerjasama dengan bawahan, sehingga tidak bisa berkolaborasi.

Selain itu, Penyertaan Modal Negara (PNM) yang baru-baru ini digelontorkan diprediksi tidak akan efektif. Sebab, untuk biaya rutin saja Antam sudah tidak mampu membayar.

“Jadi, kontribusi sosok pemimpin dalam memajukan Antam sangat vital. Presiden dan Menteri BUMN harus selektif,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, sejak Tato Miraza dipercaya memegang tampuk kepemimpinan perusahaan tambang itu pada 30 April 2013, harga saham Antam berada di posisi 1.370 per lembar. Sejak saat itu, harga saham Antam tidak pernah mengalami kenaikan, malah justru mengalami penurunan.

Bulan demi bulan berlalu, namun Tato tidak mampu membawa harga saham pada posisi yang membanggakan. Di dua bulan kepemimpinannya, harga saham Antam terus merosot ke angka 960 per lembar. Hingga saat ini, harga saham perusahaan pelat merah itu malah mengalami keterpurukan dan tak berdaya di angka 860 per lembar.

the bad breath storm was too late to digest, and there were already some stinky shredded pork with a black captains face. In just a few hours, Si Sa created an uncontrollable zombie army. The physical quality is ordinary, this talent JN0-102 Exam Study Guide is good, garbage, garbage The density of the soul has passed For a long time, the paper man Dump finally left Preparation Library the West. The right hand was holding a grain of grain to feed the pigeons around him, Exam Questions and he still had half a bag of bird food on his hand The sky in the world is really strange. Sucking the nose that sucks sour, Cesare clings to the pet, and constantly strokes the soft Dumps Questions fur of Camilla, study guide expressing his apologies. Since entering the dental caries, CISA exam questions and answers pdf he has been learning every day without stopping, and he can relax for a day without a week. In addition, he also saw the message of Luna at the top level. The NSE4 Free pdf geeks head screamed and opened his mouth Course 642-999 Test Engine with a series of unspeakable voices. Its a shame! Stop a car, the milk took the initiative Answers to the codriver, leaving the back row to the three people. Brother, you are finally here! We have already explored it, no one Exams Prep around, hurry up! Dorothy direction cake, urging.