Kementerian ESDM Sebut Harga BBM Bisa Naik Lagi

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan, jika harga minyak dunia merangkak naik, pemerintah dapat kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Namun kenaikannya tidak akan signifikan dari harga saat ini.

Dini hari tadi harga BBM jenis premium dan solar telah naik Rp 500. Kini, harga premium menjadi Rp 7.300 dari harga sebelumnya Rp 6.800 per liter dan solar dari Rp 6.400 menjadi Rp 6.900 per liter.

Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, kenaikan harga minyak dunia masih dapat terjadi kembali untuk ke depan, tetapi dengan melihat grafiknya yang ada tidak akan terlalu tinggi. Kondisi tersebut, otomatis akan mendongkrak harga BBM di dalam negeri alias akan naik lagi.

“Iya bisa naik lagi, kalaupun naik nanti tidak akan sampai naik Rp 5.000 atau sebesar Rp 2.000 per liter. Mungkin
naik sedikit saja,” kata Wiratmaja di Jakarta, Sabtu (27/3).

Dia memastikan, keputusan kenaikan harga BBM sebesar Rp 500 sejak hari ini, tidak dilakukan secara terburu-buru, melainkan sudah melakukan pengkajian sejak pertengahan bulan ini dengan melihat harga minyak dunia yang naik sekitar 10 dolar AS per barel dan penguatan dolar AS.

“Semuanya sudah dikaji secara matang. Kita laporan ke Menko Perekonomian dan Menko Kemaritiman. Mereka lapor ke Pak Presiden dan Wapres. Dan diputuskan yang paling baik,” ujarnya.