Yusril Ihza Terpilih Jadi Ketum DPP PBB 2015-2020

Foto: Sayangi.com/Emil

Cisarua,Sayangi.Com– Muktamar ke-IV Partai Bulan Bintang (PBB) yang berlangsung di Cisarua, Bogor, menetapkan Yusril Ihza Mahendra sebagai ketua umum Dewan Pimpinan Pusat PBB periode 2015-2020.

Kesediaan Yusril untuk kembali memimpin DPP PBB tergolong unik, karena ia adalah Ketua Umum partai tersebut sejak berdiri pada 17 Juli 1998 hingga 2005. Posisi ketua umum DPP selanjutnya dijabat oleh MS Kaban selama dua periode (2005-2010, 2010-2015) dan kini kembali dijabat oleh Yusril.

Muktamar ke-IV PBB juga telah menetapkan MS Kaban sebagai Ketua Majelis Syuro, yang sebelumnya dijabat oleh Yusril Ihza Mahendra.

Proses pemilihan ketua umum PBB berlangsung dalam sidang paripurna Minggu (26/4) pagi. Pada tahap pencalonan ketua umum, Yusril meraih dukungan 386 suara, disusul Rhoma Irama 122 suara, Heppy Trenggono 2 suara, Wasal Falah 1 suara, dan 3 suara dinyatakan tidak sah. Total berjumlah 519 suara.

Berdasarkan aturan yang ada, calon ketua umum dinyatakan sah jika mendapat dukungan 100 suara. Dengan begitu, Yusril dan Rhoma berhak maju ke pemilihan tahap kedua.

Di hadapan peserta Muktamar ke-IV PBB, Yusril menyatakan kesediaan untuk dipilih menjadi ketua umum. Tetapi, Rhoma Irama tidak hadir di arena Muktamar dan karena itu tidak menyampaikan kesediaannya.

Pimpinan sidang sempat menskors sidang selama lima menit untuk menunggu kehadiran Rhoma Irama. Tapi, sampai batas waktu skorsing sidang berakhir Rhoma tidak muncul, dan pimpinan sidang Eddy Wahyudin lalu mengambil keputusan untuk melanjutkan ke penetapan calon terpilih.

“Dengan bertawakal kepada Allah Subhanahu Wata’ala, menetapkan, mengesahkan saudara Yusril Ihza Mahendra sebagai ketua umum dewan pimpinan pusat Partai Bulan Bintang periode 2015-2020,” ujar Sekretaris Pimpinan Sidang Muktamar ke-IV PBB, Ruksamin.

Usai pemilihan, MS Kaban menyatakan bahwa ā€ˇYusril terpilih secara demokratis. “Kita sudah menunggu Bang Rhoma untuk menyampaikan kesediaannya memimpin PBB. Tapi sudah ditunggu selama 5 menit tidak juga hadir,” ujarnya.