Didik Rachbini: Tim Ekonomi Jokowi “Kebobolan”

Jakarta, Sayangi.com – Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Didik J Rachbini menilai tim ekonomi Kabinet Kerja Jokowi-JK bak pemain sepak bola yang tengah kebobolan gawangnya.

“Ekonomi tidak terjaga, sama dengan pemain bola tidak jaga gawang. Kalau gawang kebobolan namanya pemainnya tidak berhasil,” kata Didik di sela acara Pelantikan Pengurus DPP PAN dan Rakernas I PAN di Jakarta, Rabu malam.

Menurut Didik, tim ekonomi Kabinet Kerja Jokowi-JK kebobolan dalam hal menjaga nilai tukar rupiah yang kian turun, pertumbuhan ekonomi kian turun, hingga naiknya harga-harga kebutuhan pokok.

Didik menekankan kesalahan itu tidak dapat dibebankan terhadap orang per orang menteri ekonomi Kabinet Kerja.

“Itu tidak bisa (disalahkan) orang per orang. Itu kan tim ekonomi,” kata Didik.

Sementara itu terkait wacana perombakan kabinet, Didik mengaku mendengar isu yang beredar bahwa Presiden Jokowi belum mau melakukan perombakan itu, karena dinilai terlampau dini.

Tetapi menurut dirinya pribadi perombakan kabinet yang merupakan hak prerogratif presiden dapat dilakukan jika tidak ada pilihan lain.

“Saya tahu dari bisik-bisik presiden dan wakil presiden, katanya perombakan terlalu dini di masa enam bulan pemerintahan. Ya bisik-bisik itu dari mana-mana. Tapi menurut saya, kalau tidak ada pilihan, apa boleh buat (perombakan harus dilakukan),” jelas Didik. (Ant)