Pilot TransAsia Dipastikan Mematikan Mesin Pesawat

Sayangi.com – Pengawas penerbangan Taiwan mengeluarkan data yang memperlihatkan pilot pesawat TransAsia yang mengalami kecelakaan di Taipei, mematikan mesin yang masih berfungsi setelah mesin lainnya berhenti bekerja.

Empat puluh tiga orang tewas ketika pesawat ATR 72-600, yang sebenarnya dapat terbang dengan hanya satu mesin, jatuh ke sungai.

Sejumlah laporan menyebutkan pada rekaman kokpit, pilot terdengar mengatakan,”Wah, menarik bagian yang salah.”

Data yang diberikan adalah bagian dari penyelidikan Dewan Keamanan Penerbangan (ASC) setelah penyelidikan pendahuluan dikeluarkan beberapa hari setelah kecelakaan.

Laporan tersebut memberikan rincian pembicaraan yang terdengar pada perekam suara kokpit antara pilot dan ko-pilot pesawat.

Kapten terdengar mengatakan dia menarik bagian yang salah ketika pesawat berada pada ketinggian 94m dengan kecepatan 120mph.

Data penerbangan menunjukkan pesawat berhenti bergerak dan mengalami kecelakaan tidak lama setelah mesin yang masih bekerja, dimatikan.

Pesawat yang lepas landas dari bandara Songshan Taipei tersebut membawa 58 penumpang dan awak.

ATR 72-600 tersebut terbang miring ke satu sisi, menabrak jembatan dan jatuh ke sungai dangkal. Demikian dilaporkan BBC.