Ditemukan Potongan Rudal di Lokasi Jatuhnya MH17

Sayangi.com – Potongan rudal yang dicurigai berasal dari sistem persenjataan Rusia telah ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat MH17 di Ukraina timur pada tanggal 17 Juli 2014, menurut pihak penyelidik.

Tim gabungan di Belanda pada Selasa (11/08) menyatakan bagian itu kemungkinan berasal dari rudal darat ke udara bernama ‘Buk’ yang menjadi “perhatian khusus” dan mungkin bisa membantu menentukan siapa yang terlibat dalam penembakan pesawat Malaysia Airlines itu.

Namun mereka menyatakan belum membuktikan “hubungan sebab akibat” antara potongan itu dengan jatuhnya pesawat.

MH17 jatuh di wilayah yang dikuasai oleh pemberontak pro-Rusia di Ukraina, pada tanggal 17 Juli 2014, menewaskan seluruh 298 orang penumpang dan awak. Sebagian besar penumpang adalah warga negara Belanda.

Ukraina dan banyak negara Barat menuduh pemberontak pro-Rusia menembak jatuh pesawat dan menyatakan bahwa mereka menggunakan rudal Buk yang dipasok dari Rusia.

Rusia dan kelompok pemberontak menolak bertanggung jawab dan menyatakan militer Ukraina yang bersalah atas peristiwa tersebut.

Tim penyelidik gabungan terdiri dari perwakilan dari Belanda, Ukraina, Malaysia, Australia, Inggris, Amerika Serikat dan Rusia.

Mereka bertemu di Den Haag untuk mendiskusikan rancangan laporan penyebab jatuhnya pesawat.

Laporan akhir diharapkan akan terbit bulan Desember tahun ini. Demikian dilaporkan BBC.