Aldo Meyolla Geraldino, 14 Tahun Sudah Kuliah di FK UGM

Foto: ugm.ac.id.

Yogyakarta, Sayangi.Com– Selasa (18/8) pagi, Aldo Meyolla Geraldino berdiri di lapangan Grha Sabha Pramana, diantara 9.536 mahasiswa baru Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Dengan mengenakan jaket almamater UGM, Aldo sepintas tidak berbeda dengan mahasiswa baru lainnya.

Tapi siapa sangka mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, Program Studi Pendidikan Dokter, UGM itu ternyata masih belia.

Saat berlangsung upacara penerimaan mahasiswa baru UGM Tahun Akademik 2015/ 2016, iapun diperkenalkan sebagai mahasiswa baru yang termuda. Aldo yang lahir di Surakarta pada 19 Desember 2000, pada hari itu berumur 14 tahun, 7 bulan, 29 hari.

“Senang sih, diterima di Fakultas Kedokteran,” kata Aldo, seperti dikutip dari laman Universitas Gajahmada (UGM), ugm.ac.id.

Aldo Meyolla mengemukakan, ia bisa menjadi mahasiswa sebelum menginjak usia 15 tahun karena mengikuti program akselerasi.

“Umur dua tahun saya sudah masuk play group, umur tiga tahun masuk TK dan masuk SD Negeri 16 Surakarta pada umur 5,5 tahun. Kelas tiga naik kelas empat ada tes akselerasi, saya ikut dan lulus. Jadi di kelas empat sampai enam hanya dua tahun, sehingga lulus SD umur sepuluh tahun,” tutur Aldo.

Demikian pula, saat duduk di bangku SMP Negeri 9 Surakarta dan SMA Negeri 1 Surakarta, Aldo kembali mendapat kesempatan untuk mengikuti akselerasi. Sehingga dia dapat menyelesaikan dua jenjang pendidikan tersebut dalam waktu 4 tahun.

“Di SMP ikut akselerasi lagi, dua tahun. Jadi lulus SMP usia 12 tahun. Saat di SMA Negeri 1 Surakarta, juga akselerasi,” ujarnya.

Dalam menjalani pendidikan, putra pasangan Masoed dan Christina Murtini ini mengaku tidak memiliki jurus khusus. Meski begitu, nilai akademiknya selalu tinggi.

“Yang penting belajar itu dijalani dengan senang. Belajar rutin, biasanya malam hari, dengan jam yang tidak terlalu terjadwal, sesuai keperluan saja”, aku Aldo.

Diterima di UGM melalui jalur ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Aldo memiliki nilai MIPA (Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam) diatas 9. Untuk nilai Biologi ia mengantongi nilai 9 dan Kimia 9,8.

“Masuk di Fakultas Kedokteran karena cita-cita lama. Tapi saya suka sih sama sains dan penelitian, kedua biologi. Nantinya ingin melayani masyarakat,” imbuh Aldo.

Tidak hanya berprestasi pada nilai akademik, Aldo juga mahir memainkan beberapa alat musik. Ia terbiasa memainkan gitar, drum, dan bass.

Di sela-sela waktu, ia pun menyempatkan untuk bermain musik bersama temen-temannya. Dengan grup band bernama Star Boy, Aldo sempat beberapa kali manggung.

“Kebetulan bapak punya studio musik, Studio 17 di Surakarta”, ujarnya.