Inggris Akan Buka Kembali Kedutaan Besar di Teheran

Sayangi.com- Inggris akan membuka kembali kedutaan besar mereka di Teheran, sesudah tutup selama empat tahun.

Menteri Luar Negeri Philip Hammond akan mengunjungi Iran akhir pekan ini disertai delegasi para pelaku bisnis, menurut sumber pemerintahan.

Kedutaan Besar Inggris di Teheran ditutup tahun 2011 setelah diserbu demonstran yang menentang penetapan sanksi terhadap Iran oleh Inggris.

Kunjungan ini dilakukan beberapa pekan sesudah Teheran bersepakat dengan enam negara besar untuk memperlambat program nuklir mereka.

Tak ingin dominan’

Pembukaan kembali kedutaan besar ini pertamakali diusulkan oleh William Hague bulan Juni tahun lalu, tapi tertunda lantaran masalah teknis.

Keengganan Iran untuk melonggarkan undang-undang impor mereka telah menyebabkan terlambatnya pemesanan alat-alat komunikasi untuk mengganti alat-alat lama yang hilang ketika kedutaan besar Inggris ditinggalkan.

Sebagaimana dilaporkan wartawan BBC, Kim Ghattas, yang baru-baru ini menghabiskan waktu sepekan di Iran dan mewawancarai Wakil Presiden Masumeh Ebtekar mengenai mencairnya hubungan diplomatik Iran dengan negara-negara Barat.

Ebtekar mengatakan Iran ingin menjalin kerja sama dengan negara-negara tetangga untuk mempromosikan perdamaian di Timur Tengah, dan Iran juga memilki hak mempertahankan diri sendiri serta tak punya niatan untuk mendominasi wilayah itu. Demikian dilaporkan BBC.