Kedutaan Besar Inggris di Teheran Resmi Dibuka Kembali

Sayangi.com – Kedutaan Besar Inggris di Teheran, Iran, telah dibuka kembali setelah hampir empat tahun ditutup.

Sementara, Iran akan segera membuka kembali kantor kedutaannya di London.

Menteri luar negeri Philip Hammond menghadiri upacara di Teheran yang dihadiri sejumlah diplomat Iran untuk menandai pembukaan kembali kantor kedutaan besar Inggris.

Pada upacara itu, Hammond mengatakan serangan pada 2011 merupakan “titik terendah” hubungan dua negara, tetapi sejak terpilihnya Presiden Hassan Rouhani semuanya “terus membaik, langkah demi langkah”.

Kedutaan Inggris di Teheran ditutup pada 2011 setelah diserbu oleh pengunjuk rasa menyusul demonstrasi menentang sanksi terhadap Iran.

Menlu Pertama ke Iran

Hammond adalah menteri luar negeri Inggris yang pertama mengunjungi Iran sejak 2003.

Pembukaan kedutaan besar Inggris di Iran serta kedutaan besar Iran di London terjadi setelah Iran mencapai kesepakatan dengan enam negara adidaya terkait pembatasan program nuklirnya.

Dalam sambutannya, Hammond mengatakan: “Kesepakatan soal program nuklir merupakan peristiwa bersejarah, merupakan tonggak, dilakukan dalam suasana saling menghormati, untuk mengatasi tantangan bersama.”

“Pembukaan kembali kedutaan adalah langkah logis berikutnya. Untuk membangun keyakinan dan kepercayaan antara dua negara besar,” katanya seperti dikutip BBC.