Budi Waseso Akui Diangkat Jadi Kepala BNN

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Kabareskrim Mabes Polri Komjen Budi Waseso (Buwas) membenarkan dirinya diangkat menjadi kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Budi mengaku telah mendapat pemberitahuan lisan dari Kapolri Badrodin Haiti soal jabatan barunya tersebut.

“Secara lisan saya sudah disampaikan oleh Pak Kapolri, bahwa Keppres saya menjadi Kepala BNN sudah ditanda-tangani oleh Presiden dan sudah diserahkan kepada Kapolri,” kata Buwas kepada wartawan, Jumat (4/9/2015).

Menurut Buwas, jabatan Kepala BNN baginya merupakan suatu kehormatan. Berbeda dengan Kabareskrim yang strukturnya berada di bawah Kapolri, Jabatan kepala BNN ada di bawah Presiden dan pengangkatannya melalui Keputusan Presiden (Kepres). Buwas mengaku belum tahu kapan ia akan dilantik.

“Kan saya kalau jadi Kepala BNN itu yang langsung di bawah Presiden. Jadi yang melantik Presiden. Kalau kayak Kabareskrim kemarin kan dibawahnya Pak Kapolri. Jadi ya terserah Pak Kapolri dan Pak Presiden Republik Indonesia,” katanya.

Dalam Telagram yang beredar di kalangan wartawan, dengan nomor ST/1847/IX/2015, disebutkan, Kapolri telah mengeluarkan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/763/IX/2015 TGL 3-9-2015 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Dalam Telegram tersebut, Komjen Budi Waseso dimutasikan sebagai Pati Bareskrim dan ditugaskan sebagai Kepala BNN. Sedangkan Komjen Anang akan menggantikan posisi Budi Waseso sebagai Kabareskrim Polri.

Telegram tersebut ditembuskan Menko Polhukam, Menkumham, Kepala BIN, Gubernur Lemhanas, Kepala BNN, dan Kepala Bakamla.