Mensesneg: Kepala BNN Akan Dilantik Oleh Kapolri Besok

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan kemungkinan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang baru Komjen Pol Budi Waseso akan dilantik pada Selasa (8/9).

“Kalau saya tidak salah dilantik besok ya, cek ke Kapolri tapi yang jelas yang melantik Kapolri,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Ia menyebutkan pelantikan Kepala BNN dilakukan oleh Kapolri sama seperti pelantikan Kepala BNN periode sebelumnya. “Periode sebelumnya yang melantik juga Kapolri,” katanya.

Sementara itu, Komjen Budi Waseso menyatakan akan segera mengevaluasi kinerja BNN dan cara penanggulangan narkoba selama ini untuk menentukan strategi lebih efektif dalam pemberantasan narkoba.

“Jadi begini, nanti kami evaluasi secara keseluruhan. Presiden khan bilang bahwa negara dalam kondisi darurat narkoba, berarti kami harus mengambil langkah-langkah yang efektif dan efisien dalam menanggulangi kejahatan narkoba,” kata Waseso, di Jakarta, Jakarta, Senin.

Waseso membuka kemungkinan mengusulkan revisi UU Nomor 35/2009 Narkotika terkait rehabilitasi penyalahguna narkoba.

“UU khan buatan manusia, bisa dirubah juga. Artinya setelah dievaluasi, (kalau) ada hal-hal yang perlu ditambahi ya kami sempurnakan. Intinya khan bagaimana penegakan hukum dalam pemberantasan narkoba bisa efektif, efisien, dan berhasil,” ujarnya.

Semasa kepemimpinan Iskandar, BNN menerapkan konsep rehabilitasi bagi para penyalahguna narkoba.

Konsep rehabilitasi termaktub dalam Pasal 54 UU Nomor 35/2009 Tentang Narkotika yang menyebutkan bahwa pecandu narkotika dan korban penyalahguna natkoba wajib menjalani rehabilitasi.