Rapat Paripurna DPR Setujui Pansus Pelindo II

Foto: Sayangi.Com/Emil

Jakarta,Sayangi.Com– Rapat Paripurna DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Senin (5/10), menyetujui pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Pelindo II.

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah yang memimpin rapat paripurna mengetukkan palu tanda disetujuinya pembentukan pansus ini setelah anggota DPR RI yang hadir memberikan persetujuan.

“Dengan ini kita telah menyetujui pembentukan Pansus Pelindo II. Saya minta fraksi-fraksi segera menyerahkan nama-nama anggotanya yang diusulkan menjadi anggota Pansus, untuk disetujui pada rapat paripurna berikutnya,” kata Fahri.

Anggota Pansus Pelindo II akan berasal dari Komisi III yang membidangi hukum, Komisi VI yang membidangi BUMN, Komisi IX yang membidangi tenaga kerja, dan Komisi XI yang membidangi anggaran.

Setelah Pansus Pelindo II terbentuk, maka Panitia Kerja Pelindo II yang sebelumnya sudah dibentuk oleh Komisi VI akan dilebur.

Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin saat membacakan surat usulan pembentukan Pansus Pelindo II pada rapat paripurna mengatakan, reformasi hukum di Indonesia masih berjalan lambat.

“Reformasi hukum masih rendah akibat adanya intervensi dari penguasa,” kata Aziz, seraya menyatakan bahwa berdasarkan penggeledahan oleh Bareskrim Polri di PT Pelindo II beberapa waktu lalu, terindikasi ada persoalan pidana korupsi.

Usul pembentukan Pansus Pelindo II adalah tindak lanjut rapat kerja antara Komisi III DPR dan Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti pada 8 September 2015.

Seluruh fraksi di DPR RI menyatakan mendukung pembentukan Pansus ini untuk mengawasi proses penegakan hukum dan memberikan rekomendasi kepada pihak yang terkait dengan Pelindo II.