BPJS Kesehatan Diminta Tingkatkan Pelayanan

Jakarta, Sayangi.com – Anggota Komisi IX DPR RI M Sarmuji meminta Badan Penyelengara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, karena jika lalai disamping merugikan masyarakat juga  akan menurunkan kepuasan publik terhadap instansi tersebut.

“Pengelolaan BPJS Kesehatan yang baru berjalan lebih kurang 2 tahun sebenarnya sudah cukup Baik namun perlu perbaikan pada aspek pelayanan dan fasilitas kesehatan. Masalah pelayanan dan faskes ini menjadi penting diperbaiki karena sebagai ujung tombak tingkat kepuasan publik. Ini tugas pemerintah dalam hal ini Kemenkes,” kata Sarmuji dalam diskusi yang digelar oleh KomunaL (komunitas untuk penataan kebijakan publik) di Resto Pempekita Tebet, Rabu (2/12).

Turut hadir sebagai narasumber pada acara tersebut yaitu Kepala Departemen Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Widianti Utami dan Pengamat Jaminan Sosial yang juga merupakan Direktur Eksekutif KomunaL Hery Susanto.

Widianti Utami mengatakan BPJS kesehatan berkomitmen untuk melaksanakan tugas sesuai 9 prinsip BPJS yg diamanahkan UU BPJS.

“Dengan semangat gotong royong dan revolusi mental secara nasional Perbaikan Pengelolaan BPJS kesehatan menjadi tugas utama kami hingga saat ini, bahkan pasca terpilihnya direksi dan dewan pengawas baru akhir tahun ini,” Kata Widianti

Sementara itu, Hery Susanto menyoroti perlunya BPJS kesehatan melakukan perbaikan terutama dalam aspek prinsip kerja portabilitas dan equty. Sebab menurut Hery, hingga saat ini manfaat kepesertaannya belum portabel dan belum bisa melayani semua umur.

“Bagaimana dengan bayi yang baru lahir mengalami sakit, sementara aktivasi kepesertaan baru bisa digunakan 2 minggu, inikan belum equty, dan bagaimana jika seorang warga tinggal di Jakarta mengalami sakit pada saat tugas di luar kota, kan juga tidak bisa dilayani inikan belum portabel,” tegas Hery.

Selain itu, lanjut Hery, aktivasi kartu peserta dulu bisa langsung pakai sekarang mesti tertunda hg 14 hari.

“Ini yang musti diperbaiki sesuai kondisi masyarakat. Pengelola BPJS Baik direksi dan dewan pengawas mesti serius perbaiki BPJS kesehatan,” katanya.

Dalam kesempatan itu pula disepakati pembentukan Koordinator Nasional forum masyarakat peduli BPJS (Kornas FMP BPJS).