ECB Turunkan Suku Bunga Deposito Jadi Minus 0,3 Persen

Frankfurt, Sayangi.com – Bank Sentral Eropa (ECB) pada Kamis memutuskan untuk menurunkan suku bunga fasilitas deposito sebesar 10 basis poin menjadi minus 0,3 persen.

“Pada pertemuan hari ini, Dewan Gubernur ECB memutuskan bahwa tingkat bunga untuk fasilitas deposito akan turun sebesar 10 basis poin menjadi minus 0,3 persen, dengan efektif mulai 9 Desember 2015,” kata sebuah pernyataan yang dibuat oleh ECB, lapor Xinhua.

Tingkat suku bunga pada operasi pembiayaan kembali atau suku bunga “refinancing” utama dan tingkat suku bunga pada fasilitas pinjaman marjinal masing-masing akan tetap tidak berubah pada 0,05 persen dan 0,3 persen.

ECB memutuskan untuk memperpanjang program pembelian aset (APP), yang dimaksudkan untuk bertahan setidaknya sampai September 2016. “Pembelian bulanan 60 miliar euro (65 miliar dolar AS) di bawah APP kini dimaksudkan berjalan sampai akhir Maret 2017,” kata Mario Draghi, Gubernur ECB, pada konferensi pers setelah pertemuan dewan gubernur.

APP bisa diperpanjang bahkan melampaui Maret 2017, jika perlu, sampai bank sentral melihat penyesuaian berkelanjutan di jalur inflasi yang konsisten dengan tujuannya untuk mencapai target inflasi, tambahnya.

Draghi mengatakan bahwa ECB memutuskan untuk menginvestasikan kembali pembayaran pokok pada efek-efek atau sekuritas yang dibeli dengan APP saat jatuh tempo, selama diperlukan. Dia kemudian menjelaskan dalam menanggapi pertanyaan bahwa obligasi akan tetap pada neraca ECB setelah Maret 2017.

Selain itu, ECB memutuskan untuk memasukkan instrumen utang berharga dalam mata uang euro yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah dan lokal yang terletak di kawasan euro dalam program pembelian sektor publik dalam daftar aset, yang memenuhi syarat untuk pembelian rutin oleh bank sentral nasional masing-masing.

Berkenaan dengan operasi “refinancing” utama dan operasi “refinancing” jangka panjang tiga bulan, ECB memutuskan mereka akan terus sebagai suku bunga tetap (fixed rate) prosedur tender dengan penjatahan penuh untuk selama diperlukan.

“Langkah-langkah baru kami akan memastikan kondisi-kondisi keuangan akomodatif dan lebih memperkuat dampak pelonggaran besar dari kebijakan yang diambil sejak Juni 2014, yang telah memiliki dampak positif signifikan terhadap kondisi pembiayaan, kredit dan ekonomi riil.”

ECB tidak memperluas ukuran pembelian bulanan aset-aset. Draghi mengatakan dewan gubernur berpikir bahwa langkah-langkah harus memadai bagi ECB untuk mencapai tujuannya.

Statistik menunjukkan produk domestik bruto riil di kawasan euro tumbuh sebesar 0,3 persen pada kuartal ketiga. Menurut Draghi, kebijakan moneter yang diambil oleh ECB sedang bekerja.

“Ke depan, kami berharap pemulihan ekonomi terus berlanjut,” katanya.

Staf makroekonomi Eurosystem Desember 2015 memproyeksi untuk kawasan euro PDB riil tahunan meningkat 1,5 persen pada 2015, 1,7 persen pada 2016 dan 1,9 persen pada 2017.