Jokowi dan JK Tak Hadiri Resepsi Pernikahan Anak Setya Novanto

Foto: Sayangi.Com/Emil

Jakarta,Sayangi.Com– Ketua DPR Setya Novanto yang sedang tersandung kasus rekaman “papa minta saham”, Jumat (4/12) malam, menyelenggarakan resepsi pernikahan putrinya Dwina Michaella dengan Jason F. Harjono, di Grand Ballroom Hotel Mulia, Senayan, Jakarta. Kedua mempelai, pada 27 November lalu, sudah menjalani pemberkatan pernikahan di Gereja Katedral.

Dwina Michaella adalah putri kedua Setya Novanto dari pernikahan dengan istri pertamanya, Luciana Lily Herliyanti. Sedangkan Jason F Harjono adalah putra dari pengusaha Setiawan Harjono.

Resepsi pernikahan Dwina dan Jason yang berlangsung dari Pukul 18.30 hingga 22.00 WIB itu berlangsung meriah, dihadiri oleh ribuan undangan, sebagian besar merupakan kolega Setya Novanto yang berasal dari kalangan politik, pengusaha, hingga perwakilan dari negara sahabat.

Berdasarkan pengamatan Sayangi.Com, tokoh politik yang hadir antara lain Ketua Umum Golkar dari dua kubu yakni Aburizal Bakrie dan Agung Laksono, Sekjen DPP Golkar dari dua kubu yakni Idrus Marham dan Zainudin Amali, Ketum DPP PPP Djan Faridz, Ketum DPP PAN sekaligus Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketum Partai Perindo Hary Tanoe, Ketua DPD Irman Gusman, Ketum DPP Hanura Wiranto, para wakil ketua dan anggota DPR, anggota DPD, Kepala BIN Sutiyoso, Ketua MK Arief Hidayat, mantan Kepala BIN Hendropriyono, mantan Ketua MPR Amien Rais, mantan Wapres try Sutrisno, dan ketua Wanhat Golkar Akbar Tandjung. Sedangkan dari anggota kabinet, hadir Menkopolhukam Luhut B. Panjaitan, Menhankam Ryamizard Ryacudu, dan Kepala Bappenas Sofyan Djalil.

Yang menarik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK) tak hadir pada resepsi pernikahan yang diselenggarakan oleh orang nomor satu di DPR ini. Padahal, keduanya diketahui ada di Jakarta. Presiden Jokowi memilih memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Kepresidenan. Sedangkan Wapres JK menjadi pembicara pada acara Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Gedung BI, Jakarta. 

Presiden Jokowi hanya mengirimkan karangan bunga atas nama Jokowi dan keluarga disertai sebuah surat bertuliskan “selamat bahagia”. Karangan bunga dari Jokowi itu terlihat diletakkan di posisi utama, berjajar dengan ratusan karangan bunga dari tokoh-tokoh penting seperti Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, ¬†sejumlah menteri anggota kabinet, Ketum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketum Perindo Hary Tanoe.

Ketidakhadiran Presiden dan Wapres dalam resepsi pernikahan anak Setya Novanto ini sempat menjadi perbincangan beberapa politisi yang hadir di Hotel Mulia. “Kalau memang niat hadir, presiden dan wapres kan bisa datang sebentar terus pamit,” kata seorang anggota DPR yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Seperti diketahui, Ketua DPR Setya Novanto saat ini sedang menjadi sorotan publik karena sedang disidangkan oleh Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR terkait rekaman percakapan dirinya bersama pengusaha M. Reza Chalid dan Presdir PT Freeport Indonesia. Berdasarkan rekaman percakapan itu, Novanto diduga telah melanggar etik sebagai anggota DPR karena menemui Presdir Freeport bersama seorang pengusaha dan meminta saham dengan mencatut nama Presiden Jokowi dan Wapres JK.