Kongres HMI Tetapkan Mulyadi P Tamsir Sebagai Ketua Umum

Pekanbaru, Sayangi.com – Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang diselenggarakan di Pekanbaru Riau menghasilkan terpilihnya Mulyadi P Tamsir sebagai Formatur (Ketua Umum) periode 2015-2017.

Dalam pemilihan yang dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Riau, Sabtu (5/12) Mulyadi berhasil mengumpulkan suara terbanyak dalam pemilihan putaran kedua dengan meraih 224 suara, sementara pesaingnya Azhar Kahfi memperoleh 181 suara. Sedangkan 2 suara lainnya dinyatakan rusak.

Kemenangan Mulyadi ini tak lepas dari kepiawaian tim suksesnya yang berhasil menarik beberapa suara kandidiat yang tidak lolos ke putaran dua masuk ke dalam koalisinya.

Pada pemilihan putaran pertama, ada 11 kandidat yang maju. Namun, karena tata tertib pemilihan mensyaratkan calon ketua umum harus didukung minimal 20 cabang, akhirnya para kandidat berkoalisi hingga mengerucut ke dua kandidat.

Pada pemilihan putaran pertama, Kahfi merupakan kandidat yang memperoleh suara terbanyak yaitu 37 suara, sedangkan Mulyadi berhasil mengumpulkan 36 suara. Kandidat lainnya Bambang 21 suara, Fikri Suadu 20 suara, M Chairul Basyar 17 suara, Faisal Mukhlis 13 suara, Tantowi 13 suara, Arianto 12 suara. Selain itu, Riki Valentino meraih 7 suara, Herri Mauliza 5 suara, dan Faturrahman 5 suara.

Mulyadi P Tamsir dilahirkan di Lampung pada tanggal 8 April 1981. Ia memulai karir organisasinya di HMI Cabang Sintang Kalimantan Barat.

Sementara itu, Musyawarah Nasional Korps HMI Wati (Kohati) yang diselenggarakan bersamaan dengan kongres HMI berhasil memilih Farihatin sebagai Ketua Umum Kohati PB HMI Periode 2015-2017. Farihatin sebelumnya menjabat Wasekjend PB HMI dan merupakan mantan ketua umum Kohati Badko Kalimantan Barat.