KPU Tunda Pelaksanaan Pilkada Kota Manado

Manado, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum menunda pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) wali kota dan wakil wali kota Manado.

Penundaan itu disampaikan KPU Kota Manado dan KPU Sulawesi Utara kepada wartawan pada Selasa malam sekitar pukul 23.45 wita, di Manado.

Divisi Hukum KPU Manado Romi Poli mengatakan setelah PTUN mengeluarkan penetapan 65 nomor 21/pn/Pilkada/2015/P.TUN . Mks, langsung ditindak lanjuti KPU RI dengan surat nomor 1021/KPU/XII/ 2015 perihal penetapan nomof 21/pn/pilkada/ 2015/P.TUN Mks.

Isi surat KPU RI yaitu, pertama, KPU Kota Manado agar mengumumkan pemungutan suara pada 9 Desember 2015 ditunda pelaksanaanya sampai adanya putusan akhir.

Kedua, KPU Kota Manado agar melaksanakan sosialisasi penundaan pelaksanaan pemungutan suara, kepada peserta pemilihan dan pemangku kepentingan lainnya.

Ketiga, KPU Kota Manado agar mengelolah logistik pemilihan, dengan cara menarik logistik pemilihan KPU Kota Manado dengan berkoordinasi dengan Panwaslu Manado dan aparat keamanan.

Keempat, KPU Kota Manado untuk melakukan rapat koordinasi dengan pemeringah daerah untuk mendapat , dukungan anggaran pelaksanaan pemungutan suara pasca keputusan akhir.

“Kelima, KPU Kota Manado agar menyampaikan surat kepada gubernur, perihal pelakaanaan pemilhan susulan”, katanya.

Ketua KPU Sulut Yessy Momongan mengatakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulut dilaksanakan di 15 kabupaten kota termasuk Kota Manado pada 9 Desember .

“Pencoblosanya mulai pukul 07.00 – 13.00 wita”, katanya.

Dia mengatakan semua masyarakat yang punya hak memilih datang ke TPS untuk mencoblos, memilih pemimpin dalam hal ini pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Terkait dengan kota Manado, secara hirarki KPU Kota Manado sudah berkoordinasi dengan KPU provinsi, dan KPU Provinsi sudah berkoordinasi dengan KPU RI.

Ada penetapan nomor 21/pn/Pilkada/2015/P.TUN.Mks terkait gugatan pasangan calon Jimmy Rimba Rogi dan Bobi Daud.

“Sehingga untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota Kota Manado dinyatakan ditunda pelaksanaannya sampai adanya putusan akhir dari pengadilan,” katanya.