Sebagian Jalur Menuju Puncak Ditutup Hingga Pukul 20.00

Bogor, Sayangi.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, Kamis siang, bersiap menutup sebagian jalur lalu lintas menuju Puncak pada pukul 13.30 WIB dan berencana membukanya kembali sekitar pukul 20.00 WIB.

“Pukul 13.30 WIB arus menuju Puncak ditutup, kita berlakukan satu arah dari Cianjur menuju Bogor,” kata Kepala Urusan Pembinaan dan Operasi Satlantas Kepolisian Resor Bogor Iptu Anaga Budiharso saat ditemui di Pos PAM Gadog.

“Penutupan kita berlakukan di Tol Jagorawi Km 45 dan di Jalan Gadog-Ciawi. Jalur akan kembali di buka pukul 20.00 WIB atau situasional melihat kondisi arus di lapangan,” tambah dia.

Ia menjelaskan arus kendaraan di jalur Puncak pukul 13.20 WIB masih satu arah dari Jakarta menuju Puncak. Petugas berusaha mendorong kendaraan ke arah Puncak untuk mengurai antrean kendaraan dari Gadog hingga tol Sentul Utara.

“Sistem satu arah sudah diberlakukan pukul 11.00 WIB untuk mendorong kendaraan menuju Puncak,” katanya.

Saat petugas menerapkan sistem satu arah dari arah Jakarta menuju Puncak, antrean kendaraan dari Cianjur menuju Bogor juga sudah mengular mulai dari Riung Gunung sampai batas Cilogo.

Untuk mengurai kepadatan tersebut, petugas menerapkan sistem satu arah lagi dengan menutup jalur Puncak dan memprioritaskan kendaraan dari arah Cianjur menuju Bogor.

Ia mengatakan selama penutupan jalur tersebut masyarakat yang hendak ke Puncak atau Bandung disarankan menggunakan jalur lain seperti Ciawi, atau mencari alternatif tempat wisata lainnya.

“Karena kondisi sudah tidak memungkinkan untuk dipaksakan ke Puncak. Arus sudah cukup padat, sementara ruas jalan tidak cukup menampung semua kendaraan,” katanya.

Selama penutupan, arus lalu lintas dari Puncak akan dibuang ke Kota Bogor untuk mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan di tol menuju Puncak.

Pengalihan lalu lintas kendaraan itu berdampak pada lalu lintas kendaraan di Kota Bogor padat, termasuk di sekitar Jalan Raya Tajur. (Ant)